Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ajari Anak Anda Tentang Pola Makan Sehat Untuk Menjaga Berat Badannya
Oleh : GSBS/Redaksi
Senin | 13-06-2011 | 10:59 WIB

Batam, batamtoday - Pola hidup yang sehat tentu harus diajarkan sejak usia dini, termasuk pola makan yang sehat. Supaya anak mau mengikuti pola ini, tentu kita sendirilah sebagai orang tuanya yang perlu memberikan contoh.

American Academy of Family Physicians memberikan panduan berikut bagi orang tua tentang bagaimana cara mengajarkan anak tentang pola makan yang sehat agar berat badannya terjaga.

1. Berikan anak Anda asupan makanan yang sehat dengan nutrisi yang seimbang meliputi buah, sayur, dan asupan gandum utuh yang cukup. Sesuaikan juga asupan kalori sesuai dengan usia anak Anda.

2. Batasi asupan minuman manis. Cukup satu porsi dalam sehari. Dorong anak agar dia lebih menyukai air putih.

3. Buatlah kebiasaan makan yang sehat di dalam keluarga. Makan bersama di meja makan, dan matikan TV di waktu jam makan.

4. Jangan paksakan anak untuk makan apabila belum lapar, atau memaksakan mereka untuk menghabiskan makanannya padahal mereka sudah kenyang. Biarkan anak Anda untuk makan perlahan dan berhentilah apabila mereka sudah kenyang. Hal ini bertujuan untuk mencegah anak makan secara berlebihan yang akan menimbulkan risiko obesitas.

5. Apabila Anda ingin memberikan hadiah atau penghargaan untuk anak, sebaiknya bukan berupa makanan. Apalagi makanan ringan seperti permen, coklat, dan semacamnya.

6. Batasi konsumsi makanan cepat saji.