Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Generasi Terbaru Jeep Wrangler Dibuat dari Aluminium
Oleh : Redaksi
Senin | 06-10-2014 | 09:38 WIB
jeep_wrangler.jpg Honda-Batam
Jeep Wrangelr. (Foto: dapurpacu.com).

BATAMTODAY.COM - Para pecinta Jeep, khususnya model Wrangler, tampaknya harus bisa menerima perubahan dari tradisi lama. Sebab bos Fiat-Chrysler Sergio Marchionne telah memberi isyarat tentang perubahan dramatis pada generasi terbaru Wrangler.

Menurut Marchionne all-new Wrangler bakal diperkenalkan selambat-lambatnya pada 2017. Dia juga menyatakan bahwa Wrangler tak lagi memakai bodi dari plat baja. Sebagai pengganti, Wrangler akan menggunakan bodi aluminium ringan.

Tak cuma itu, Marchionne juga menuturkan kalau Wrangler akan memasang mesin berkapasitas kecil dengan aplikasi turbo. Pabrik legendaris Jeep di Toledo, Ohio, AS juga tak lagi digunakan untuk memproduksi generasi terbaru Wranger.

"Perusahaan kami meyakini penurunan kapasitas mesin akan dilakukan pada Wrangler, dan mengimbangi kapabilitasnya dengan memasang turbo dan beberapa komponen lain. Secara penuh itu akan mengubah arsitekturnya," kata Marchionne.

Meski begitu, pimpinan merek Jeep, Mike Manley, belum berani secara tegas mengiyakan pernyataan Marchionne. Dikatakannya, penggantian bodi dari baja ke aluminium masih dalam tahap perdebatan di internal Jeep.

"Kami masih melakukan perdebatan tentang salah satu material pengganti dari baja," katanya. "Jika solusinya aluminium, maka memilih pabrik Toledo untuk merakit Wrangler adalah sebuah kesalahan."

Diterangkan Manley, pabrik Toledo tidak memiliki kemampuan merakit kendaraan berbodi aluminium. Bila tetap harus dilakukan di Toledo maka diperlukan investasi baru guna mengganti mesin pabrikasi.

Sumber: dapurpacu.com