Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Lima Manfaat Bir untuk Kesehatan
Oleh : Redaksi
Jum'at | 03-10-2014 | 11:15 WIB
beer-flavor-green-tea.jpg Honda-Batam
Ilustrasi bir.

BATAMTODAY.COM - Ajang Oktoberfest di Munich, Jerman segera berakhir. Festival ini dikenal sebagai pesta bir terbesar dunia. Terkait bir, ada 5 hal tentang minuman ini yang (sebenarnya) baik untuk kesehatan, asal dikonsumsi sewajarnya.

1. Mengurangi risiko Artritis
Perempuan yang minum 3 gelas sampai 5 gelas bir per minggu memiliki risiko 31 persen lebih rendah terserang Rheumatoid arthritis, yakni jenis peradangan sendi kronis yang biasanya terjadi pada sendi di kedua sisi tubuh, seperti tangan, pergelangan tangan, atau lutut. Penyakit ini, umumnya menyerang perempuan.

2. Memperkuat tulang
Sebuah penelitian yang dilakukan Journal of the Science of Food and Agriculture, mengkaitkan segelas bir bisa memperkuat tulang dan kesehatan karena bir kaya silicon diet, yang merupakan zat utama untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang.

3. Mempertajam otak
Riset yang dilakukan New England Journal of Medicine menyebutkan, perempuan yang minum segelas alkohol jenis anggur dan spirits sehari, memiliki risiko lebih rendah mengalami penurunan mental dan ingatan.

4. Meningkatkan kesehatan jantung
Sebuah analisa yang dipublikasikan European Journal of Epidemiology menyebutkan orang yang minum segelas bir sehari, 31 persen lebih rendah menderita serangan jantung atau stroke.

5. Mengandung antioksidan
Laporan Journal of Science of Food and Agriculture, bir hitam memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi ketimbang bir jenis lainnya. Zat besi adalah mineral penting dalam sel, termasuk berfungsi mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh. Bukan hanya itu, bir hitam juga banyak kandungan antioksidannya sehingga bisa membantu memperbaiki kerusakan sel secara alami dalam tubuh.

Sumber: Deutsche Welle