Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Program HPN 2015 di Kepri Dinilai Cerdas dan Mencerdaskan
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 30-09-2014 | 10:47 WIB
rkor_pwi.jpg Honda-Batam
Ketua Panitia HPN 2015 Tedjo Sasongko (kiri) saat memimpin rapat koordinasi pembahasan program HPN 2015 bersama dengan Ketua PWI Kepri Ramon Damora.(Foto: Istimewa).

BATAMTODAY.COM, Batam - Rangkaian program Hari Pers Nasiona (HPN) 2015 di Kepri dinilai bagus dan cerdas serta mencerdaskan. Karena sebagian programnya fokus pada peningkatan skill jurnalistik bagi insan pers, mahasiswa dan masyarakat. Selain itu, juga banyak program yang berorientasi meningkatkan wawasan masyarakat. 

Demikian ungkap Ketua Panitia Pusat HPN 2015, Tedjo Sasongko saat memimpin rapat koordinasi dengan Pengurus Persatuan Wartawan Indonsia (PWI) Kepri dan pejabat Provinsi Kepri di Hotel Harmoni One, baru-baru ini. "Program HPN 2015 Kepri ini bagus dan cerdas," ujar Tedjo Sasongko.

Hadir dalam rapat tersebut, mantan Ketua Panitia HPN 2013 di Manado Muhammad Ihsan, mantan Ketua Panitia HPN 2014 di Bengkulu, Rita Sri Hastuti dan Wakil Sekretaris PWI Pusat Rudi Novianto. Sedangkan dari Provinsi Kepri, hadir Kepala Biro Pembangunan Sardison, Kepala Biro Humas dan Protokol Heri Mokhrizal dan beberapa stafnya. 

Sedangkan Pengurus PWI Kepri yang hadir dalam rapat koordinasi itu adalah Ketua Dewan Kehormatan PWI Kepri Candra Ibrahim, Sekretaris PWI Kepri Saibansah Dardani, Wakil Ketua PWI Kepri Harianto, Ketua IKWI (Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia) Kepri Umy Kalsum dan beberapa pengurus lainnya. 

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Kepri Ramon Damora mamaparkan rangaian kegiatan HPN 2015 yang diawali dengan Pra Konvensi Bahasa Indonesia akan digelar di Batam bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2014.

Kemudian, dilanjutkan dengan Lomba Karya Foto & Tulisan Jurnalistik PWI Kepri "Anugerah Silaturah Hati" dengan tema : Dari Penyengat untuk Indonesia. Lomba ini digelar sepanjang Januari 2015 untuk seluruh Jurnalis Tanah Air dengan Memuat Tulisan di Media Cetak dan Online.

Selanjutkan, rangkaian kegiatan HPN 2015 dimulai dengan Festival Gurindam Warisan Dunia yang digelar di Tanjungpinang pada Januari 2015. Festival ini terbuka untuk umum, masyarakat pers, utusan UNESCO dan seniman. Kemudian, dilajutkan dengan kegiatan jalan sehat yang diberi tajuk Napak Tilas Raja Ali Kelana, digelar pada Minggu. 1 Februari 2015 di Batam dan Tanjungpinang.

Kemudian, pada Selasa, 3 Februari 2015 digelar Workshop Jurnalisme Maritim di Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang. Pesertanya adalah masyarakat Kepri, Pers dan mahasiswa. Setelah itu, akan digelar kegiatan Pameran Peradaban Pers pada Kamis, 5 Februari hingga Minggu 8 Februari 2015 di Mega Mall Batam Center. "Selain digelar pameran peradaban pers, juga akan dilakukan kegiatan sosial berupa pemeriksaan mata dan gigi gratis. Serta, lomba mewarnai," tutur Ketua PWI Kepri, Ramon Damora.
 
Ditambahkan Ramon, selajutnya, pada Jumat, 6 Februari 2015 akan digelar Konvensi Bahasa dan Budaya untuk Menjadikan Penyengat Sebagai Warisan Dunia di Pulau Penyengat. Pesertanya adalah para pengurus dan anggota PWI se-Indonesia, UNESCO, Pakar Bahasa, Masyarakat Melayu Seluruh Dunia serta tokoh bahasa Melayu dari negara tetangga. 

Kemudian, juga akan digelar juga konvensi-konvensi. Yaitu, Konvensi Ekonomi Perbatasan yang menghadrkan pembicara kunci, Menteri Kemaritiman Kabinet "Trisakti" dan Wagub Kepri Dr HM Soerya Respationo, SH, MH. Kemudian, Konvensi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang menghadirkan Menko Perekonomian dan Gubernur Kepri H Muhammad Sani. "Untuk hari puncak HPN akan digelar di Hotel Harmoni One pada hari Senin, 9 Februari 201," ungkap Ketua PWI Kepri itu lagi. *

Editor: Dodo