Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Harapkan Tak Berubah Hingga Lebaran

Variatifnya Harga Gula Masih Terkontrol
Oleh : sumantri
Kamis | 09-06-2011 | 18:25 WIB
gulaku.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gulaku (Foto Ist)

Batam, batamtoday - Variatifnya harga gula pasir dipasaran Batam, baik pasar traditional, Modern hingga hypermarket, masih bisa ditolelir oleh masyarakat. Segmen masyarakat, khususnya pedagang dan ibu rumah tangga, yang paling sensitif terhadap pergerakkan elemen sembako ini, meski selisihnya hanya Rp500 rupiah.

"Meski 500 ratus kan kalau beli banyak lumayan kerasa mas, mestinya ada suatu sistem pemerataan harga dari pemerintah untuk mengkontrol harga sembako salah satunya gula, minimal untuk skala pasar tradisional dan grosir perlu keseragaman harga, agar masyarakat tidak bingung dan tidak ada monopoli harga," ujar Marlina, salah seorang pembeli di pasar Avava Plaza Jodoh, kepada batamtoday, Kamis 9 Juni 2011.

Sejauh ini, pantauan harga terhadap gula pasir, batam today mencatat, variatif harga gula memiliki kisaran selisih Rp500 - Rp1000. Berikut harga gula di pasar Batam;

Market                                                                  Gula Pasir Lokal                                         Gulaku

Ramayana Supermarket                         Rp10.250 / kg                                 Rp12.000 / kg
Pasar Tos 3000 Jodoh                            Rp9.000 / kg                                   Rp11.000 / kg
Top 100 Penuin                                     Rp8.500 / kg                                   Rp11.600 / kg
Warung Tradisional                                Rp9.500 / kg                                   Rp12.500 / kg

Bergeraknya harga gula secara tiba-tiba dan cenderung tak terkontrol mengakibatkan terganggunya nadi industri, terutama industri kuliner skala UMKM. Dengan adanya pengaturan yang terarah dari pemerintah, tentunya akan menjamin harga si 'Manis' tidak bergerak liar dan meresahkan.

Apalagi menjelang Ramadhan dan Idul fitri dimana tradisi kenaikkan sembako masih kental di pasar Batam, maupun Indonesia secara umum.