Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Sapi Qurban di Tanjungpinang Tembus Rp19 Juta Per Ekor
Oleh : Habibi
Sabtu | 13-09-2014 | 19:04 WIB
sapi-simmental.jpg Honda-Batam
Illustrasi sapi qurban.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jelang Idul Adha atau biasa disebut Hari Raya Qurban, para peternak sapi mulai memamerkan hewan ternak mereka untuk diperjualbelikan. Sementara itu mengenai harga, satu ekor sapi ukuran besar diperkirakan capai Rp19 juta per ekor.

"Kalau saya jual harga segitu untuk ukuran 150 kg sapinya. Tapi untuk ukuran 80 - 100 kilogram berkisar Rp16 juta," ujar Saparilis, salah satu pedagang sapi qurban di kawasan Km15, Kampung Banjar (perbatasan Tanjungpinang-Bintan) saat dihubungi, Sabtu (13/9/2014).

Saparilis mengatakan, untuk ukuran kecil atau berkisar 60 hingga 70 kg, harga yang ditawarkannya relatif murah, yaitu Rp13 juta. Sedangkan untuk ukuran sedang 70 hingga 80 kg dibanderol  Rp14 juta.

"Jualan ini memang tergantung berat. Namun saya jualan niat juga untuk membantu ummat berkurban, jadi harganya tidak terlalu tinggi. Ukuran 150 kg seharga Rp19 juta itu termasuk harga biasa yang bisa dibelilah," ujar Saparilis, yang juga seorang kepala sekolah ini.

Sementara itu untuk harga jelang hari raya Idul Adha, Saparilis mengaku tidak berani memperkirakan apakah akan naik atau tetap. Namun dia mengaku, hingga hari raya nanti, harga segitu tidak akan dia naikkan untuk dagangannya.

"Ya kalau pedagang lain saya tidak tahu. Jualan kan masing-masing. Namun saya kira tidak akan naiklah, segitu-segitu juga," ujar Saparilis. (*)

Editor: Roelan