Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

65 Anggota DPD Terpilih Dukung Farouk Muhammad Jadi Ketua DPD
Oleh : Surya
Senin | 08-09-2014 | 18:26 WIB
faraoukmuhammad.jpg Honda-Batam
Farouk Muhammad. (Foto: sumbanews.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebanyak 65 Anggota DPD terpilih mendukung Prof Dr Farouk Muhammad, Senator asal Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai Ketua DPD RI  Periode 2014-2019. Dukungan tersebut berasal dari Anggota DPD lintas wilayah, barat, tengah dan timur.


Sosok Farouk dinilai mampu merumuskan, memperjuangkan dan melaksanakan aspirasi  seluruh anggota DPD terpilih dalam rangka memperkuat kelembagaan DPD RI.

Senator asal Riau, Abdul Gaffar Usman, mengatakan, calon ketua DPD yang baru harus memiliki empat dimensi, yakni prestasi, loyalitasi kelembagaan,dedikasi dan tidak tercela.

"Empat dimensi ini harus dimiliki ketua DPD yang baru, disamping memiliki pengalaman sehingga melajunya tidak perlu lagi gigi satu atau dua,tapi langsung saja gigi matic tancap gas," kata Gaffar di Jakarta, Senin(8/9/2014).

Menurut Gaffar, Farouk yang kini Ketua Panitia Akuntablitas Publik (PAP) DPD memiliki prestasi  yang baik secara internal dan eksternal, disamping loyalitasnya kepada kelembagaan DPD yang juga tidak perlu diragukan lagi.

"Bahkan dedikasinya dalam mencintai tugas, melebihi Anggota DPD yang lain. Dan yang terpenting beliau tidak pernah melakukan perbuatan tercela," katanya.

Gaffar menegaskan, sangat berbahaya apabila kelembagaan DPD dipimpin oleh seorang calon yang memiliki perbuatan tercela, dan tidak baik secara moral dan etika.

"Marwah kelembagaan DPD harus tetap dijaga, kalau sopirnya salah pilih bisa terjadi kecelakaan. Padahal kita terus berusaha menjadikan lembaga DPD sebagai lembaga terbersih dalam segala hal," katanya.

Sedangkan Anggota DPD terpilih Haripinto Tanuwidjaja dari Kepulauan Riau, mengatakan, sosok Farouk adalah figur yang tepat untuk memimpin DPD kedepan. Karena itu, tata tertib pemilihannya harus bisa melahirkan kepemimpinan penguatan DPD." Pak Farouk itu orang hebat, baik dan jujur sangat tetap untuk memimpin DPD," kata Harpinto.

Benny Ramdhani, Anggota DPD asal Sulawesi Utara menegaskan, Farouk Muhammad, bersama Irman Gusman dan GKR Hemas adalah tokoh yang tepat dalam memimpin DPD kedepan karena memiliki integritas, prestasi  dan kepemimpinan yang baik.  Karena itu, dia terus mensosialisaikan tiga nama tersebut, kepada koleganya sesama Anggota DPD Sulut dan Anggota DPD terpilih lainnya.

"DPD sekarang punya peran strategis bagi perubahan nasib bangsa kedepan, jangan dicerederai oleh pemilihan yang tidak fair. Kalau ada calon yang menggunakan cara kotor, dia tidak layak memimpin DPD karena DPD sudah dikenal sebagai lembaga negara bersih, dan itu harus dijaga," katanya.

Sedangkan Farouk Muhammad mengatakan, saat ini dorongan dan dukungan Anggota DPD terpilih terus mengalir memintanya untuk menjadi Ketua DPD RI Periode 2014-2019. Farouk mengatakan, akan menjadikan lembaga DPD lebih berwibawa dan bisa dibanggakan dalam memperjuangkan kepentingan daerah.

"Kita akan jadikan potensi seluruh anggota sebagai kekuatan utama untuk bersinergi  membangun komunikasi dengan lembaga negara lainnya terutama DPR agar aspirasi daerah terakomodir dalam setiap pengambilan kebijakan di tingkat nasional," kata Farouk.

Sebelumnya,pada 29 Agustus 2014 lalu, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, sebanyak 47 Anggota DPD terpilih Periode 2014-2019 bersepakat menelurkan butir-butir pemikiran untuk perubahan DPD,yang masih terkendala dengan kewenangannya, serta memberi amanah kepada Prof Dr Farouk Muhammad untuk merumuskan, memperjuangkan dan melaksanakan aspirasi dalam rangka penguatan kelembagaan DPD.

Adapun butir-butir pemikiran tersebut,  adalah pertama penguatan DPD dengan melibatkan seluruh partisipasi anggota DPD dalam melakukan komunikasi politik dengan semua pihak.

Butir kedua, DPD yang kuat hanya bisa dicapai apabila kepemimpinan DPD memiliki kemampuan membangun jaringan dan manajemen kelembagaan.

Butir ketiga, kepemimpinan DPD kedepan harus mampu menjembatani dan merepresentasikan seluruh anggota DPD.

Butir keempat, pentinganya keberanian dan ketegasaan kepemimpinan DPD dalam setiap pengambilan keputusan politik, bahkan berani mengambil keputusan politik berbeda demi kepentingan nasional. 

Editor: Dodo