Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kualifikasi Piala Eropa 2012

Ibra Hattrick, Swedia Pukul Finlandia
Oleh : Hendra Zaimi
Rabu | 08-06-2011 | 08:45 WIB

Solna, batamtoday - Bintang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic membuat Hattrick pada laga kualifikasi Piala Eropa 2012 di Stadion Rasunda, Rabu, 8 Juni 2011 tak kala tuan Rumah Swedia memukul Finlandia dengan Skor 5-0.

Mekipun tampil sebagai pemain pengganti tidak membuat penampilan mantan pemain Barcelona itu tampil biasa-biasa saja, buktinya Ibra tetap memperlihatkan sebagai mesin gol andalan Swedia.

Sebelum melakukan pertandingan melawan Finlandia, Swedia juga menang besar dengan menghajar Moldova dengan skor 4-1 akhir pekan lalu. Dipertandingan itu lah Ibra mengalami cedera engkel sehingga pada pertandingan melawan Finlandia, Ibra harus turun sebagai pemain cadangan.

Namun, dia kemudian dimasukkan untuk menggantikan Ola Toivonen yang mengalami cedera di menit ke-25. Saat itu, Swedia sudah unggul 1-0 melalui gol Kim Kallstrom di menit ke-11. Gol itu diciptakannya melalui tendangan bebas.

Baru enam menit dimainkan, Ibrahimovic sudah membobol gawang Finlandia dan mengubah kedudukan menjadi 2-0. Selanjutnya Ibra tak terbendung. Dirinya kembali mencetak gol di menit ke-35.

Ibrah melengkapi hat-trick saat sundulannya meneruskan tendangan bebas di menit 53. Sedangkan satu gol lagi dihasilkan Emir Bajrami yang menaklukkan kiper Anssi Jaakkola di menit ke-82. Gol itu menjadikan Swedia menang 5-0.

Kemenaangan Swedia atas Finlandia menjadikan persaingan di Grup E mulai ketat. Swedia tak hanya mengukuhkan posisinya di peringkat dua dengan poin 15. Namun, mereka juga membayangi Belanda yang menduduki puncak klasemen. Pasalnya, Swedia hanya terpaut tiga poin dan sama-sama sudah menyelesaikan enam pertandingan.