Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nah, Pendaftaran Online CPNS Diperpanjang Sampai 7 September
Oleh : Redaksi
Selasa | 26-08-2014 | 17:51 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Masa pendaftaran secara online peserta seleksi CPNS diperpanjang dari 3 September menjadi 7 September. Perpanjangan masa pendaftaran itu untuk mengakomodir pendaftar yang membludak.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Herman Suryatman, mengatakan, akibat membludaknya peminat CPNS yang mendaftarkan diri melalui website panselnas.menpan.go.id, situs tersebut sempat mengalami gangguan. Karena itulah waktu pendaftaran yang semula direncakanan pada 20 Agustus 2014 akhirnya mundur efektif 24 Agustus 2014.

Kemudian, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS memutuskan juga memperpanjang masa pendaftaran CPNS secara online. "Panselnas sudah melakukan perbaikan. Sejak tanggal 24 Agustus sore, portal nasional panselnas sudah mulai efektif untuk pendaftaran seleksi CPNS," kata Herman di Jakarta, Selasa (26/8/2014) yang dikutip dari laman setkab.go.id.

Namun bagi instansi lain, khususnya pemda yang baru membuka pendaftaran pada 24 Agustus, waktu pendaftaran juga tetap dua minggu.

Dia menuturkan, portal panselnas.menpan.go.id rata-rata dikunjungi 208.000 orang per jam, atau mendekati lima juta pengunjung setiap hari.

Herman kembali mengingatkan, setiap pelamar wajib memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP elektronik sebagai salah satu syarat melakukan registrasi secara nasional.

Selain itu, Herman menegaskan, pengadaan CPNS tahun 2014 tidak dikenakan biaya. Karena itu, ia meminta masyarakatberhati-hati dalam mensikapi berbagai informasi yang beredar, terutama dari media online/media sosial karena ada diantaranya yang memanfaatkan situsasi ini menjadi peluang bisnis.

Menurut Herman, dalam pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2014 ini, Panselnas menggunakan  dua situs resmi yakni website Kementerian PAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). "Untuk informasi terkait dengan Panselnas CPNS 2014, hanya melalui kedua situs milik pemerintah tersebut," ujar Herman. (*)

Editor: Roelan