Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Album Klasik Jimi Hendrix Bakal Dirilis Ulang
Oleh : Redaksi
Jum'at | 22-08-2014 | 10:12 WIB
jimi-hendrix-cry-of-love-360.jpg Honda-Batam
Sampul album The Cry of Love dari Jimi Hendrix. (Sumber: Reprise/Polydor/Rolling Stone).

BATAMTODAY.COM - Dua album studio pertama Jimi Hendrix sejak maestro gitar tersebut tewas secara kontroversial, The Cry of Love dan Rainbow Bridge - keduanya rilis pada 1971 - akan kembali diedarkan dalam format CD dan rilisan digital pada 16 September mendatang.

Sang penata rekam, Bernie Grundman, yang pernah menangani album-album esensial seperti Purple Rain dari Prince dan Thriller milik Michael Jackson, kembali mengandalkan master rekaman analog dari tiap album demi menghasilkan sound yang terbaik. Kedua rilisan ulang tersebut juga akan menghadirkan sampul album dan urutan lagu seperti rilisan awalnya.

Salah satunya berawal dari prakarsa drummer Jimi Hendrix Experience, Mitch Mitchell, The Cry of Love pertama kali dirilis kurang dari enam bulan pasca tewasnya Hendrix pada September 1970.

Hendrix merekam mayoritas lagu di album tersebut pada akhir Desember 1969 di studio Electric Lady dengan rencana awal sebagai materi rilisan album ganda bertajuk First Rays of the New Rising Sun

Sementara itu, Rainbow Bridge, yang juga melibatkan urunan tangan dari Mitchell, rilis pada Oktober 1971 dengan materi yang digarap bersamaan dengan sesi perekaman materi The Cry of Love, di antaranya versi studio dari "Star Spangled Banner" dan rekaman live "Hear My Train a Coming."

Jika perilisan ulang keduanya benar-benar terealisasikan, maka ini menandai pertama kalinya materi Rainbow Bridge diluncurkan secara resmi pada format cakram padat.

Sumber: Rolling Stone