Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setelah Tiongkok dan Vietnam, Samsung Bakal Bangun Pabrik Ponsel di Indonesia
Oleh : Redaksi
Senin | 18-08-2014 | 16:31 WIB

BATAMTODAY.COM, Seoul - Samsung Electronics Co Ltd pada Senin menyatakan pihaknya berencana untuk mendirikan pabrik di Indonesia, salah satu pasar yang paling cepat berkembang di dunia untuk perangkat. Namun pihak perusahaan yang sudah punya pabrik di Tiongkok dan Vietnam ini masih belum mengungkapkan nilai investasinya.

Sebelumnya, Foxconn Technology Group Taiwan, pemasok utama Apple Inc juga sudah berancang-ancang akan mendirikan pabriknya di Indonesia dengan nilai investasi hingga 1 miliar dolar.

"Kami telah mendiskusikan dengan pemerintah Indonesia mengenai rencana kami untuk memproduksi ponsel untuk pasar domestik (Indonesia), sehingga kami dapat memenuhi kebutuhan konsumen lokal dengan lebih efektif," kata Samsung melalui email seperti yang ditulis Reuters.

Sementara Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, menyatakan, pabrik Samsung itu rencananya dbangun di Bekasi, Jawa Barat, dengan target produksi 900 ribu - 1 juta unit per bulan. Namun akan dimulai dengan kapasitas 100 ribu unit per bulan.

Tidak jelas apakah Samsung akan memproduksi telepon seluler atau smartphone atau keduanya di pabrik itu nantinya. (*)

Editor: Roelan