Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggota APEC Sepakat Bentuk Kawasan Perdagangan Bebas di Asia Pasifik
Oleh : Redaksi
Sabtu | 16-08-2014 | 11:48 WIB

BATAMTODAY.COM, Beijing - Anggota forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) sepakat untuk segera membentuk kawasan perdagangan bebas di kawasan tersebut. Demikian disampaikan Direktur Departemen Urusan Ekonomi Internasional Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Zhang Jun, Jumat (15/8/2014) kemarin.

Disadur dari China Daily, anggota APEC juga sepakat untuk lebih mempromosikan reformasi struktural ekonomi, memfasilitasi inovasi, dan memperkuat hubungan regional untuk mempertahankan pembangunan ekonomi di kawasan Asia-Pasifik, kata Zhang. Topik-topik ini akan dibahas pertemuan pimpinan ekonomi APEC di Beijing, pada November mendatang.

Pemerintah Tiongkok sendiri sudah melakukan persiapan untuk menggelar pertemuan APEC pada Desember tahun ini. Sementara para pejabat APEC sendiri dilaporkan masih melakukan pertemuan di Beijing.

Zhang mengatakan, kawasan Asia-Pasifik memiliki tanggung jawab untuk mendorong perekonomian dunia. Dia berharap pertumbuhan di kawasan ini lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya di tengah destabilisasi dan ketidakpastian di kawasan tersebut saat ini .

Sebanyak 21 anggota APEC berkontribusi pada PDB global sekitar 57 persen dan 46 persen dari perdagangan dunia. Kawasan perdagangan di Asia Pasifik juga pernah diusulkan pada 2006 lalu. (*)

Editor: Roelan