Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

XL Dukung Pemerintah Dorong Aktivitas Transaksi Non Tunai Melalui Layanan 'XL Tunai'
Oleh : Redaksi/Rilis
Sabtu | 16-08-2014 | 08:16 WIB
xl-non-tunai1.jpg Honda-Batam
(Kiri-kanan) Muhammad Awaluddin, Director of Enterprise & Wholeshale Telkom; Edward Ying, Direktur Planning dan Transformasi Telkomsel; Willem Lucas Timmerman, Chief Operating Officer XL; Alexander Rusli, CEO Indosat, dalam acara Pencanangan Gerakan Nasional Non Tunai di, Jakarta (14/8/2014).

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebagai operator seluler terbesar kedua di Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL) mendukung program pemerintah dalam melakukan kampanye Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan oleh Bank Indonesia.

XL memperkenalkan produk uang elektronik 'XL Tunai' yang dapat digunakan di beberapa merchant, termasuk di tempat pelaksanaan acara pencanangan GNNT di  area Mangga Dua, serta memberikan potongan harga hingga 50%.

Program GNNT ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pelaku bisnis dan juga lembaga-lembaga pemerintah untuk menggunakan sarana pembayaran non tunai dalam melakukan transaksi keuangan, yang tentunya mudah, aman dan efisien.

"Penggunaan transaksi non tunai (cash less), baik melalui 'XL Tunai' maupun transfer via handphone makin diminati oleh pelanggan dan masyarakat. Hal ini disebabkan sudah makin banyak pelanggan yang merasakan manfaat kecepatan, efsiensi dan keamanan dari penggunaan transaksi ini," kata Chief Operating Officer XL, Willem Lucas Timmerman, melalui rilisnya kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (16/8/2014).

"Terutama untuk masyakarat kota besar, tingkat pengguna transaksi non tunai ini meningkat, seiring dengan perkembangan layanan digital yang menawarkan berbagai transaksi yang banyak menggunakan non tunai sebagai metode pembayarannya," tambahnya.

Menurutnya, salah satu fungsi e-money untuk pengiriman uang antar operator selular (XL, Telkomsel & Indosat) adalah yang pertama kali di dunia, karena negara lain belum ada yang meng-implementasi-kan hal tersebut.

Bagi XL, Willem menambahkan, e-money adalah sebuah layanan yang memerlukan kesabaran dalam melakukan edukasi ke masyarakat. Meskipun masyarakat Indonesia terbiasa dengan pembayaran tunai, namun karena ada anjuran Bank Indonesia terkait sosialisasi 'less cash society' dan 'branchless banking', maka XL melihat XL Tunai akan menjadi sebuah layanan yang memberikan kontribusi cukup besar di masa mendatang.

Saat ini tercatat XL Tunai telah dimanfaatkan oleh sekitar 1.200.000 ribu pelanggan dari 68,5 juta pelanggan XL. Namun pada dasarnya semua pelanggan XL, baik itu prabayar dan pascabayar, sudah bisa menggunakan layanan XL Tunai, tanpa atau menggunakan registrasi.

Cukup isi saldo XL Tunai maka sudah dapat melakukan transaksi dengan layanan e-payment ini. Bila mau lebih komplit maka daftarkan ke XL Center agar saldo XL Tunai dapat dicairkan dan dapat melakukan kirim uang. Saat ini XL Tunai sudah bekerja sama dengan lebih dari 98 merchant dengan jumlah outlet lebih dari 10.000 di seluruh Indonesia. Untuk  mengaktifkan dan menggunakan XL Tunai, pelanggan bisa mengakses melalui *123*120#.

Editor: Redaksi