Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Beijing Rilis 'Panduan Perilaku' untuk Kurangi Kerusakan Lingkungan
Oleh : Redaksi
Rabu | 13-08-2014 | 14:33 WIB
main_air-pollution-linfen-bicycle___.jpg Honda-Batam
Foto: chinadialogue.net

BATAMTODAY.COM, Beijing - Pemerintah Tiongkok telah mengeluarkan panduan "standar perilaku" bagi warganya untuk memerangi polusi dan mengurangi kerusakan lingkungan. Selain itu, warga juga diminta untuk berjalan kaki atau naik sepeda serta belanja dengan kemasan yang seminim mungkin.

Reuters melaporkan, pemerintah Tiongkok meyakini jika partisipasi masyarakat merupakan elemen kunci sebagai upaya untuk merestorasi lingkungan yang telah rusak sebagai dampak dari pertumbuhan ekonomi demikian cepat selama tiga dekade terakhir.

Melalui websitenya di www.mep.gov.cn, Rabu (13/8/2014), Kementerian Lingkungan Tiongkok mempublikasikan panduan delapan standar perilaku tersebut. Contohnya larangan untuk membakar sampah, membatasi penggunaan kembang api dan barbekyu.

Pemerintah Tiongkok juga mendesak rakyatnya untuk bertanggung jawab atas pencemaran yang terjadi dengan melaporkan perilaku ilegal kepada pihak berwenang. Revisi atas perubahan UU Perlingungan Lingkungan pada April lalu, menjadi aturan yang mewajibkan semua warga Tiongkok untuk melindungi lingkungan.

Sebuah studi pemerintah daerah pada April lalu menunjukkan, 31 persen dari asap di Beijing berasal dari kendaraan, dan 22,4 persen dari pembakaran batu bara serta 18,1 persen dari industri.

Biro lingkungan Beijing mengatakan 14,1 persen terdiri dari sumber-sumber lain yang lebih kecil seperti persiapan makanan, pemeliharaan ternak dan perawatan kendaraan. (*)

Editor: Roelan