Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Usai Lebaran, Telur Ayam Ras Langka di Batam
Oleh : Roni Ginting
Kamis | 07-08-2014 | 12:27 WIB
telur_ayam.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Paska lebaran, telur ayam ras mengalami kelangkaan di Batam sehingga masyarakat kesulitan untuk mendapatkannya.

Seperti dikeluhkan Oji, warga Batam Centre. Dia mengaku kesulitan untuk mendapatkan telur ayam ras. Saat ditanya di mini market langgangannya, ternyata telur kosong. Saat ditanya ke warung yang lain, juga tak ada.

"Pas keliling-keliling, dapat di warung kecil. Pemilik warung itu bilang ke saya, banyak juga yang tanya-tanya karena susah dicari," kisah Oji, Kamis (7/8/2014).

Sementara, Amsakar Ahmad, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam yang dikonfirmasi membenarkan telah terjadi kelangkaan telur ayam ras di pasaran.

"Telur memang agak langka sekarang ini," kata Amsakar.

Dijelaskannta, penyebabnya kelangkaan telur karena permintaan tinggi selama bulan puasa maupun menjelang lebaran sedangkan persediaan terbatas.

"Mau lebaran banyak orang beli telur untuk bikin kue dan sebagainya. Karena permintaan tinggi, stok terbatas," terangnya.

Namun, ia mengatakan lambat laun kondisi tersebut akan normal kembali. "Sekitar sebulan ini akan kembali normal," ujar Amsakar.

Ketika ditanya tentang harga telur, Amsakar mengatakan saat menjelang lebaran mengalami kenaikan mulai Rp38 ribu sampai Rp40 ribu per papan, usai lebaran sudah kembali normal Rp30-32 ribu satu papan.

"Harga telur sudah mulai turun sekarang," tutupnya.

Editor: Dodo