Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketika Kartu Lebaran Berubah Menjadi Digital

Selama Lebaran, Penggunaan Layanan Data Jadi Favorit Pengguna XL
Oleh : Redaksi/Rilis
Selasa | 05-08-2014 | 11:11 WIB

BATAMTODAY.COM, Medan - Kartu ucapan Idul Fitri dengan berbagai design dan bentuk adalah salah satu cara mengucapkan selamat Idul Fitri kepada keluarga, kerabat, handai taulan, atau rekan bisnis. Itu dulu! Tak pernah terpikirkan sebelumnya, kalau era mengucapkan Idul Fitri dengan menggunakan kartu akan cepat punah.

Zaman cepat berubah, sekarang orang tidak lagi mengandalkan kartu ucapan lebaran. Masyarakat kini lebih mememilih berkirim ucapan selamat Idul Fitri via SMS, BBM, email sampai menggunakan jejaring sosial yang lumayan banyak jenisnya.

Kartu ucapan lebaran kian tahun kian hilang, berkirim pesan lewat perangkat elektronik akan lebih cepat dibandingkan dengan kartu Lebaran yang pengirimannya akan membutuhkan waktu lebih lama dengan 'cost' yang lebih mahal. Tidak heran jika ucapan lebaran menggunakan social media menjadi salah satu yang sangat tren saat ini.

Pada saat merayakan Hari Raya Idul Fitri, penggunaan telepon selular akan sangat lebih tinggi dibanding dengan hari-hari biasanya, khususnya saat masyarakat mengirimkan pesan ucapan Lebaran melalui pesan singkat atau SMS atau juga melalui aplikasi messaging & sosial media yang menggunakan data/internet seperti Blackberry Messenger, Whatsapp, Line, dan social media lain seperti Path, Facebook, Instagram, Twitter dan lain lain.

Vice President West Region XL Axiata Tbk, Haryo Wibowo, menyampaikan, XL Axiata mengalami peningkatan cukup signifikan pada layanan data dan SMS selama musim liburan Lebaran tahun 2014 ini, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, khususnya tahun 2013. Sementara untuk traffic percakapan (voice), XL mengalami penurunan.

"Kenaikan traffic tertinggi di H-1 dan H-2, terjadi pada layanan data, yakni (27,7 persen) dan (26,1 persen). Sementara peningkatan traffic penggunaan layanan SMS juga terjadi di area Sumatera," ujar Haryo Wibowo melalui siaran pers yang diterima BATAMTODAY.COM, Selasa (5/8/2014).

Sama seperti tahun lalu, kata Haryo, Lebaran kali ini penggunaan layanan data juga masih menjadi pilihan favorit pelanggan XL dalam berkomunikasi atau menyampaikan pesan Idul Fitri kepada teman, keluarga atau rekan kerja.

"Pilihan penggunaan layanan data ini tentunya karena didorong oleh semakin mudahnya penggunaan layanan data dengan beragam aplikasi yang tersedia, seperti misalnya Facebook, Twitter, Path, Whatsapp, Line, BBM ataupun aplikasi messaging & sosial media lainnya," jelas Haryo Wibowo.

Faktor pendorong lainnya, tentunya adalah ketersediaan beragam pilihan paket layanan data yang semakin terjangkau tarifnya dan sangat hemat bagi pelanggan XL. Selain itu juga ketersediaan perangkat smartphone/tablet ataupun device komunikasi lainnya yang juga sudah dilengkapi dengan kemampuan akses data/internet.

"Dengan melayani sekitar 68,5 juta pelanggan, saat ini jaringan XL di seluruh Indonesia diperkuat dengan lebih dari 45.600 ribu BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G) juga jaringan backbone fiber optic yang membentang di sepanjang Pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi," tuturnya.

Keandalan jaringan XL dalam mendukung kelancaran berkomunikasi pelanggan, kata Haryo, tentunya tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan XL. Program Transformasi Jaringan merupakan program yang dilakukan sebagai inisiatif untuk meningkatkan kualitas jaringan PT XL Axiata Tbk yang diharapkan dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dalam menggunakan layanan/produk XL.

Program ini dijalankan dengan meningkatan kualitas jaringan melalui modernisasi, desain menyeluruh, implementasi yang tepat waktu, akselarasi alih teknologi 2G menuju 3G dan optimasi, serta memadukannya dengan aspek bisnis seperti merancang strategi pemasaran, prioritasi penjualan dan strategi distribusi yang tepat untuk meraih pengalaman terbaik bagi pelanggan XL di seluruh Indonesia.

"Terima kasih sudah menggunakan XL selama Ramadhan 2014 sampai dengan saat ini dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H Mohon Maaf Lahir dan Batin," tutup Haryo.

Editor: Redaksi