Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPK Batam Lakukan Gladi Kebakaran di Gedung Walikota
Oleh : Ali
Sabtu | 11-12-2010 | 14:45 WIB

Batam, batamtoday - Badan Pemadam Kebakaran (BPK) Batam bersama petugas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) BP Kawasan Batam menggelar gladi Penanggulangan Kebakaran dan Evakuasi Korban di Kantor Pemko Batam, Sabtu (11/12) sekitar pukul 09.00 WIB.

Gladi Penanggulangan Kebakaran dan Evakuasi merupakan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kejadian yang tidak diharapkan, khususnya dalam rangka antisipasi keadaan darurat kebakaran dan bencana lainnya.

Demikian disampaikan Kepala Kantor BPK Kota Batam Azman yang didampingi Kepala PBK BP Kawasan, Selamet kepada batamtoday, Sabtu (11/12).

Dalam gladi tersebut di-setting sebuah kejadian kebakaran di gedung Pemkot Batam. Kemudian terlihat petugas pemadam kebakaran bergerak cepat menuju lokasi kebakaran. Sebelum melakukan pemadaman, terlebih dahulu petugas melakukan evakuasi korban dan menjauhkan korban dari api.

"Kebakaran yang telah menyebar di dalam kantor Pemko Batam, dan terdapat sejumlah orang yang terjebak di dalam gedung dan terkepung api. Maka ketika petugas pemadam datang, pertama kali melakukan evakuasi," jelas Azman didampingi PBK OB Selamet dan Amin, Kepala seksi PBK OB di Pemko Batam. 

Sekitar 200 personil yang libatkan terlihat menempati setiap lantai gedung yang terbakar untuk menyelamatkan korban kebakaran yang terperangkap oleh kobaran api.

"Personil yang berada di tiap lantai akan memberitahukan anggota pemadam, sehingga korban dapat diselamatkan melalui kaca luar menggunakan sebuah Mobil Tangga yang telah disiapkan," ujarnya.

Simulasi akan di gelar, Kamis (16/12) juga akan mengerahkan 4 unit mobil pemadam kebakaran antara lain, 3 mobil Fire dan 1 unit mobil tangga.

Tujuan Gladi ini untuk meningkatkan ketrampilan dan tanggung jawab akan peran dan tugas masing – masing petugas pemadam dalam rangka antisipasi keadaan darurat kebakaran dan bencana lainnya .

"Tujuan gladi ini agar petugas dapat bertindak cepat dan cermat dalam kondisi darurat yang muncul di setiap kejadian kebakaran," Tuturnya mengakhiri.