Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Modus Baru: Uang Ditarik, Mesin Dimatikan Paksa

6 Pembobol ATM BCA Grasera Meruya Ditangkap
Oleh : Redaksi/TN
Kamis | 02-06-2011 | 18:44 WIB

Jakarta. batamtoday - Petugas Subdit Resmob Polda Metro Jaya membekuk enam tersangka pembobol ATm, dan tersangka Aceng adalah pelaku yang terkahir ditangkap pada hari ini, Kamis 2 Juni 2011. Lima tersangka lainya telah ditangkap pada 31 Mei 2011 yang lalu

Tersangka Aceng, yang juga satpam perusahaan jasa pengawal uang PT Armorindo ditangkap di tempat persembunyianya di daerah Cengkareng, dan dial dibekuk karena terlibat dalam pembobolan ATM BCA Grasera Meruya, Slipi, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

“Tersangka terakhir yang berhasil kita amanakan,” ucap Kasat Resmob Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya, Kompol Herry Heryawan, kepada wartawan, Kamis 2 Juni 2011.

Lima orang tersangka yakni, CSP, ARH, AR, H dan JA, telah terlebih dahulu ditangkap pada 31 Mei lalu.

Modus pembobolan ATM yang dilakukuan para tersangka terhitung baru, yakni dengan cara melakukan transaksi penarikan uang tunai seperti biasanya, dengan memasukan kartu.

Namun sebelum transaksi selesai, para tersangka mematikan mesin ATM secara paksa, sehingga transaksi tidak tercatat, dan atas rekening kartu tersebut belum dilakukan pendebetan. Demikian hal yang dilakukan para tersangka ketika beraksi di ATM BCA Grasera Meruya, Jakarta Barat pada 25 Mei 2011 yang lalu.

"Namun, sebelum transaksi selesai, tersangka mematikan mesin ATM tersebut secara paksa. Sehingga saldo rekening tersangka masih utuh," jelas Herry.

Hanya saja aksi para tersangka terekam oleh CCTV yang ada di anjungan tersebut.

Herry menambahkan kawanan ini telah melakukan aksinya sebanyak tiga kali di tiga tempat berbeda. Keenam tersangka saat ini ditahan dan diperiksa secara intensif di Mapolda Metro Jaya.