Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BI Tegaskan Beredarnya Gambar yang Disebut Desain Uang NKRI Tidak Benar
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 24-06-2014 | 14:51 WIB
uang nkri.jpg Honda-Batam
Desain uang NKRI yang disebut-sebut akan diluncurkan pada 17 Agustus 2014. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memberikan klarifikasi terkait beredarnya gambar yang disebut-sebut sebagai desain uang NKRI yang akan diterbitkan pada 17 Agustus 2014, adalah tidak benar.

Dalam siaran persnya, BI Kepri menyampaikan, gambar tersebut bukan merupakan gambar uang rupiah yang akan diterbitkan. Uang rupiah (kertas) yang akan diterbitkan pada 17 Agustus 2014 memiliki ciri umum sebagaimana diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, yakni:

a. gambar lambang negara "Garuda Pancasila";
b. frasa "Negara Kesatuan Republik Indonesia";
c. sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominalnya;
d.  tanda tangan pihak Pemerintah dan Bank Indonesia;
e.  nomor seri pecahan;
f.  teks "DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MENGELUARKAN RUPIAH SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN YANG SAH DENGAN NILAI...,"dan
g.  tahun emisi dan tahun cetak.

"Selain itu, RUU Redenominasi saat ini masih dalam pembahasan di DPR-RI dan belum ditetapkan. Dengan demikian maka kebijakan redenominasi Rupiah belum diimplementasikan dalam waktu dekat," kata Gusti Raizal Eka Putra, Kepala Kantor Perwakilan Kepri, Selasa (24/6/2014).

Dia menjelaskan, informasi mengenai hal ini dapat dilihat pada Siaran Pers No.16/40/DKom tanggal 23Juni 2014 di website Bank Indonesia www.bi.go.id/id/ruang-media/siaran-pers/pages/Klarifikasi-Atas-Beredarnya-Desain-Uang-NKRI-Yang-Tidak-Sesuai.aspx.

Editor: Roelan