Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Gelar Temu Bisnis dengan Pengusaha Singapura
Oleh : Roni Ginting
Senin | 23-06-2014 | 14:58 WIB
bisnis-gathering-bp-batam1.jpg Honda-Batam
Sesi diskusi yang dipandu moderator Direktur Investasi Pemasaran BP Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam bekerjasama dengan Kedutaan Besar RI di Singapura, Konjen Singapura di Batam, Singapore Economic Development Board (EDB), Singapore International Enterprise dan Singapore Businses Federation (SBF) menyelenggarakan business gathering (temu bisnis) dengan para pengusaha Singapura, yang digelar di Hotel Pan Pacific, Marina Square, Singapura, Rabu pekan lalu.

Business gathering tersebut bertujuan untuk lebih memperkenalkan perkembangan Batam kepada investor yang ada di Singapura sekaligus pertukaran informasi tentang regulasi dan kebijakan yang berkaitan dengan investasi di Batam.

Duta besar RI untuk Singapura Andri Hadi dalam sambutannya mengatakan, dukungan Singapura terbesar terhadap Indonesia adalah di bidang ekonomi. Hal ini bisa dilihat melalui kerja sama Indonesia dan Singapura terhadap pengembangan kawasan Batam Bintan dan Karimun (BBK).

"Program restruktur perekonomian Singapura berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia, terutama bagi Batam. Bahkan saat ini Sembawang telah menjalin hubungan kerja sama dengan industri di Jakarta, Bekasi dan Karawang (Jababeka)," ujar Andri.

Di satu sisi, tambahnya, Indonesia memiliki tenaga kerja yang kompetitif yang menunjang bagi kegiatan industri Singapura.

Sementara itu, Direktur Eksekutif EDB, Chiu Wen Tung, mengemukakan, untuk lebih meningkatkan pertumbuhan ekonomi kedua negara, menurutnya perlu diidentifikasi dan mengelola kelemahan dan kekuatannya, serta secara bersama-sama mengambil manfaatnya.

Ia mengatakan, EDB telah berupaya untuk membantu mewujudkan kerja sama yang erat antara pengusaha Indonesia dan Singapura. Bahkan telah mendorong untuk dibentuknya One Stop Team di Batam yang dimaksudkan untuk membantu mencarikan solusi terhadap berbagai persoalan yang dihadapi para investor dalam berinvestasi di Batam.

"Batam telah semakin berkembang dan mengalami kemajuan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya tenaga kerja yang kompetitif, transportasi pengiriman barang yang tepat waktu," tutur Chiu Wen Thung.

Editor: Redaksi