Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Piala Dunia 2014

Prancis dan Kosta Rika Pastikan Lolos dari Grup
Oleh : Redaksi
Sabtu | 21-06-2014 | 10:38 WIB

BATAMTODAY.COM - Prancis memastikan tempat di babak kedua Piala Dunia setelah mengalahkan Swiss 5-2 di Salvador, Brasil, Sabtu (21/6/2014) dini hari.

Dikutip dari BBC, ketiga gol diciptakan di babak pertama dan Karim Benzema gagal menambah satu gol lagi karena tendangannya dari titik penalti ditangkis kiper Swiss, Diego Benaglio.

Penyerang Arsenal, Olivier Giroud, membuka kemenangan Prancis dengan sundulan kepala yang memanfaatkan tendangan sudut.

Hanya 66 detik kemudian, Benzema memotong operan buruk pemain Swiss dan melakukan serangan cepat dengan mengumpan kepada Blaise Matuidi yang tidak menghadapi kesulitan membobol gawang Benaglio.

Pada menit ke-31 Benzema mengiring bola di kotak penalti dan diganjal Johan Djourou dan wasit Bjorn Kuipers dari Belanda menunjuk kotak penalti namun bintang Real Madrid itu gagal menambah kemenangan.

Ketinggalan 2-0 membuat Swiss berupaya mengejar ketinggalan namun pada saat bersamaan membuka pertahanannya.

Lima menit menjelang babak pertama berakhir, Prancis dengan efektif dan efisien melakukan serangan balik dan Giroud melepas umpang kepada Mathieu Valbuena yang tinggal meneruskan bola ke gawang.

Dengan kedudukan 3-0, tidak berarti pertandingan sudah selesai karena di babak kedua Swiss melakukan serangan tajam dengan beberapa peluang walau tidak berhasil membobol gawang.

Sementara Prancis masih melepas satu dua serangan balik yang berbahaya.

Dan kesalahan Philippe Senderos yang tidak berhasil membuang bola pada menit ke-66 harus dibayar dengan gol karena langsung dimanfaatkan oleh Benzema yang berlari cepat dan menendang dengan bebasd di dalam kotak penalti.

Walau mengantungi empat gol, Prancis masih saja terus menyusun serangan sementara barisan pertahanan Swiss tampak kewalahan menghadapi permainan Prancis yang tetap ngotot.

Pada menit ke-73 giliran penyerang Manchester United, Moussa Sissoko, yang mencetak gol dengan memanfaatkan umpan dari Benzema.

Sekitar sembilan menit sebelum pertandingan berakhir, Swiss berhasil juga mencetak satu gol lewat tendangan bebas yang keras dari Blerim Dzemaili ke sudut gawang Prancis yang tak bisa dijangkau kiper Hugo Lloris.

Swiss tetap bersemangat di sisa pertandingan dan mencetak satu gol lagi di menit ke-87 lewat Granit Xhaka yang dengan cepat menerobos ke kotak penalti untuk mengejar umpan dari dan mencetak satu gol lagi.

Dan bersamaan dengan peluit akhir wasit, Benzema masih melepas tembakan lambung yang masuk ke gawang Swiss namun sudah sudah tidak dihitung lagi.

Kedudukan dari pertandingan yang menarik ini 5-2 untuk juara Piala Dunia 1998.

Kekalahan dari Prancis tidak menutup peluang Swiss untuk lolos karena kemenangan atas Honduras pada 26 Juni mendatang mengantarkan mereka sebagai peringkat dua Grup E.

Inggris tersingkir
Sebelumnya dalam pertandingan Grup D, Italia dikalahkan oleh Kosta Rika. Satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut dicetak oleh Bryan Ruiz lewat sundulan kepala yang tidak bisa dijangkau kiper Gianluigi Buffon.

Kosta Rika kini memastikan lolos ke babak berikut dengan mengumpulkan enam angka dan saat ini merupakan juara grup.

Kemenangan Kosta Rika sekaligus pula membuat Inggris sudah pasti tersingkir dari Piala Dunia karena sebelumnya dikalahkan Italia 1-2.

Walapun Inggris nanti menang atas Kosta Rika dalam pertandingan terakhir di Grup D, namun dengan angka yang sama sekalipun maka Italia lebih unggul karena menang atas Inggris dalam pertandingan sebelumnya.

Sementara Italia masih akan menentukan nasibnya dalam pertandingan melawan Uruguay, yang menang atas Inggris 2-1.

Sumber: BBC