Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Truk 'Nyemplung' ke Parit Akibat Rem Blong
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 19-06-2014 | 19:31 WIB
1403164070862.jpg Honda-Batam
Truk Nissan Diesel milik PT Puntra Kundur Transportasi Perkasa yang nyemplung ke parit. (Foto: Romi Chandra/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebuah truk Nissan Diessel BP 8469 EX nyemplung ke parit di simpang lampu merah Indosat, Kamis (19/6/2014) sore. Truk milik PT Puntra Kundur Transportasi Perkasa yang memuat gulungan kawat besi ini nyaris saja mencelakai pengendara lainnya jika sang sopir tidak segera membanting setir ke kiri di dekat pos polisi karena menghindari tabrakan di lampu merah akibat rem blong.

Ditambah kondisi jalan yang menurun dari arah Simpang Rujak menuju lampu merah tersebut sehingga sering kendaraan berat itu sulit mengendalikan kendaraan. Beruntung, Abdul, sopir truk itu mengetahui jika rem truk yang ia kendarai blong, sehingga ia terpaksa membanting stir ke kiri dan masuk parit.

Truk ini diduga melaju dengan kencang, karena "serudukan" truk ini mampu menumbangkan sebuah pohon berukuran besar di pinggir jalan. Bahkan roda bagian depan truk juga rusak parah.

"Truk ini bermaksud ingin mengejar lampu yang masih hijau. Tahu-tahu lampu berubah merah sehingga terpaksa berhenti mendadak. Karena tidak bisa direm lagi, sopir banting stir ke kiri dan masuk parit," kara Jimy, salah satu pengguna jalan yang melihat kejadian.

Posisi saat itu, kata Jimy, di depan truk terdapat banyak pengendara menggunakan sepeda motor dan mobil. "Untung belok kiri, kalau nggak sudah banyak korban," tambah Jimy lagi.

Dalam kejadian in tidak tidak ada korban jiwa sementara Abdul sendiri selamat. Ia langsung dibawa polisi lalu lintas ke pos polisi untuk dimintai keterangan. Hingga pukul 16.30 WIB,  truk belum dievakuasi dan masih berada di pinggir jalan dengan kondisi masih masuk ke dalam parit. (*)

Editor: Roelan