Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Piala Dunia 2014

Ditundukkan Cile, Spanyol 'Angkat Koper' dari Brazil
Oleh : Redaksi
Kamis | 19-06-2014 | 08:34 WIB
pd_ramos_afp_bbc.jpg Honda-Batam
Kekecewaan bek Sergio Ramos usai Spanyol dikalahkan Cile yang membuat mereka tersingkir dari Piala Dunia 2014. (Foto" AFP/BBC).


BATAMTODAY.COM - Juara bertahan Spanyol harus angkat koper dari Brazil usai tersingkir dari Piala Dunia 2014 setelah dikalahkan Cile 2-0 di lanjutan babak penyisihan Grup B di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Rabu malam (18/6/2014) atau Kamis dini hari WIB.

Cile langsung tampil menggebrak dan mengancam gawang Spanyol di menit-menit pertama. Cile unggul 1-0 di menit ke-19 melalui Eduardo Vargas. Satu gol lagi dicetak oleh Charles Aranguiz di menit ke-43.

Kekalahan ini mengakhiri dominasi Spanyol selama enam tahun dalam sepak bola dunia.

Rio Ferdinand, eks poros halang Manchester United, yang menjadi komentator BBC mengatakan serangan hebat Cile di awal babak pertama membuat kepercayaan diri para pemain Spanyol menurun drastis.

Statistik menunjukkan Cile tidak sekali pun mengalahkan Spanyol di 10 pertemuan sebelumnya, namun kali ini bermain habis-habisan dan tidak memberi kesempatan lawan untuk mengembangkan permainan.

Di sisi lain, Spanyol tidak menunjukkan tim yang menjuarai turnamen ini empat tahun lalu atau tim yang begitu perkasa di dua Piala Eropa terakhir.

Cile dan Belanda, yang sebelumnya mengalahkan Australia 3-2, akan bertemu hari Senin pekan depan untuk menentukan siapa yang terbaik di Grup B ini.

Spanyol menjadi juara bertahan ketiga yang tersingkir di babak penyisihan grup, setelah Prancis pada 2002 dan Italia pada 2010. Di pertandingan pertama Spanyol, yang juga dua kali juara Piala Eropa, dihajar Belanda 5-1.

Sumber: BBC