Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tersebar Luas, Kini Masyarakat Batam Tak Lagi Sulit Menemukan Lokasi Gelper
Oleh : TIM BATAMTODAY.COM
Rabu | 11-06-2014 | 13:12 WIB
gelper top100.jpg Honda-Batam
Salah satu gelanggang permainan di kawasan Tembesi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Gelanggang permainan elektronik (Gelper), kini tak lagi sulit untuk ditemukan di Kota Batam. Sedikitnya terdapat 35 titik arena Gelper yang tersebar luas di berbagai penjuru kota, seperti di wilayah Nagoya, Jodoh, Batuaji, Sagulung, dan Sekupang.

Masyarakat yang tinggal di kota madani ini, kini tinggal memilih tempat arena gelper mana yang akan dikunjungi. Dan di setiap arena Gelper, masyarakat juga bebas memilih mesin permainan apa yang akan dimainkan, tergantung selera, yang tentunya harus punya uang banyak. Karena mesin-mesin seperti Poker, Jakpot dan Doremon, tak bisa dimainkan tanpa uang, minimal Rp100 ribu untuk 50 koin.

Gelper yang tersebar luas di setiap penjuru Kota Batam, juga menjanjikan hadiah besar. Namun, hadiah besar tak menyambangi semua pemain. Hanya mereka yang bernasib mujurlah bisa membawa pulang hadiah besar itu.

Dari penelusuran BATAMTODAY.COM di sejumlah lokasi, mesin-mesin gelper itu ternyata sangat mudah untuk dimainkan, tak perlu ada keahlian atau skil khusus untuk mengendalikannya. Cukup dengan mengisi koin yang sudah ditukar dengan uang atau dengan sistim deposito, pemain akan dengan sangat mudah memainkan mesin-mesin tersebut.

Tak hanya itu, di tiap mesin juga terdapat salah seorang karyawan atau yang biasa disebut wasit. Selain melayani penukaran koin, wasit yang biasanya seorang perempuan itu juga dapat memandu pemain, khusus pemain pemula.

Jika beruntung, pemain dapat menukar kembali koin tersebut dengan uang. Tapi, hasil pantauan di beberapa lokasi Gelper dari sekian banyak pemain hanya satu atau dua orang saja yang bisa menjadi pemenang, bahkan kerap semua pemain kalah.

"Kalau menang, koinnya dapat ditukar kembali dengan uang. Tergantung nasib pemain itu sendiri," ujar salah seorang wasit, yang tak mau namanya dipubliskan, di lokasi Golden Game Center, Top 100 Tembesi, Sagulung, kemarin.

Tak hanya itu, permainan yang bersifat untung-untungan itu tampaknya sudah bebas dilakukan atau bahkan sudah dilegalkan secara hukum. Hal ini dapat dilihat dengan semakin menjamurnya lokasi Gelper di Kota Batam.

Memang, Gelper bukan hal yang baru di Kota Batam. Beberapa tahun lalu, sejumlah Gelper sempat menghebohkan Kota Batam, saat itu Mabes Polri turun langsung melakukan penggerebekan dan menutup semua arena Gelper lantaran berbau judi.

Tapi kini, dengan semakin menjamurnya arena Gelper, semua pihak berwewenang di Kota Batam yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), serta pihak Kepolisi terlihat tenang, seakan memberi sinyal "lampu hijau" untuk pengusaha Gelper.?

Berikut lokasi gelanggang permainan di Kota Batam yang terpantau masih beroperasi

Batuaji
1. Merlion
2. Fanindo 2 lokasi
3. Ruko Waheng Center
4. Mitra Mall 2 lokasi
5. Aviari
6. Pelabuhan Sagulung
7. Ruko Senawangi
8. Pasar Melayu 2 lokasi
9. Marina

Sagulung
1. Pasar Nasa Point
2. Simpang Basecamp
3. Ruko Batavia
4. Ruko Kavling Baru 2 lokasi
5. Dapur 12
6. Top 100 Tembesi ruko atas
7. Top 100 Tembesi tengah atas
8. Top 100 Tembesi tengah bawah
9. Top 100 Tembesi ruko bawah
10. Simpang Barelang

Sei Beduk
1. Pintu 3 Bida Ayu
2. Kampung Aceh

Nagoya
1. Hotel Sphink
2. Gideon Hotel
3. Kampung Bule
4. Hotel Travel Jodoh
5. Hotel Halo Batam
6. Hotel Pacific
7. Belakang BCA Jodoh
8. Depan DC Mall
9. Samyong
10. Sungai Panas

Sekupang
1. STC 3 lokasi

Editor: Redaksi