Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gara-gara Rem Truk Alami Blong

Tabrakan Beruntun Enam Mobil Macetkan Simpang Jam
Oleh : Romi Chandra
Senin | 09-06-2014 | 12:50 WIB
karambol_simpang_jam.jpg Honda-Batam
Truk Nissan pengangkut pasir yang hancur bagian depannya akibat tabrakan karambol di Simpang Jam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak enam kendaraan roda empat ke atas alami kecelakaan beruntun di Simpang Jam, Senin (9/6/2014), di jalan dari arah Tiban menuju lampu merah.

Informasi yang dihimpun, kejadian berawal saat truk Nissan Diesel dengan nomor polisi BP 9078 BE yang sama-sama melaju dengan kendaraan lainnya dari arah Tiban mengalami rem blong.

Truk roda enam yang ditunggangi Lesman itu menabrak truk pengangkut pasir bernomor polisi BP 9282 DE yang ada di depannya.

Tabrakan yang cukup keras, sehingga truk yang ditabrak tersebut juga menabrak mobil Toyota Avanza Veloz nomor polisi BP 1636 FQ yang juga berada di depannya. Begitu juga mobil Avanza tersebut juga menabrak mobil di depannya hingga kecelakaan dua mobil besar dan empat mobil pribadi terjadi.

Dalam kejadian ini, Avanza kemudian menabrak sedan Daihatsu bernomor polisi BP 1464 MZ. Berlanjut sedan tersebut menabrak mobil Xenia BP 1888 LH dan menabrak Honda Accord.

"Kondisi pas lampu merah. Saya tidak tahu apa awalnya, tiba-tiba saja ditabrak dari belakang. Kemudian mobil saya menabrak mobil yang ada di depan saya. Begitu juga mobil selanjutnya," kata pengendara mobil Avanza di lokasi.

Diceritakan Juniarti, salah satu saksi yang melihat kejadian tersebut juga mengatakan, tabrakan berawal dari truk Nissan tidak bisa berhenti saat lampu kuning sebelum lampu merah menyala.

"Truk itu keliatan agak kencang, sehingga benturan ke truk di depannya begitu keras. Bagian depan truk Nissan itu aja hancur," kata Juniarti.

Kecelakaan ini mengakibatkan kemacetan di jalan satu arah tersebut. Hingga akhirnya semua kendaraan yang terlibat tabrakan beruntun bisa dievakuasi setelah Satlantas Polresta Barelang turun ke lokasi.

Editor: Dodo