Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebagian Pedagang Karimun Mulai Naikkan Harga Jelang Ramadhan
Oleh : Khoiruddin Nasution
Senin | 09-06-2014 | 09:29 WIB
pasar-puakang.gif Honda-Batam
Aktivitas ekonmi di Pasar Puakang, Karimun.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Di beberapa titik, para pedagang di pasar tradisional Puakang Karimun, didapati  telah menaikkan harga dagangannya, jelang Ramadhan 1436 H / 2014 Masehi. Padahal Kadisperindag Karimun memastikan bahwa kondisi sembako sampai lebaran nanti berada di level aman.

Salah seorang pedagang, R Sihombing (44) kepada BATAMTODAY.COM, Senin (9/6/2014) di Pasar Puakang mengatakan, kenaikan itu akibat tidak adanya operasi pasar oleh dinas terkait. Sehingga, pedagang dengan sesukanya menaikkan harga.

"Kalau dari distributor harga itu stabil Bang, tapi sudah kebiasaan, kalau mau puasa begini, harga barang pasti naik. Tapi tak semua yang menaikkan harga. Ada juga yang masih stabil," terangnya.

Sementara itu, Kadisperindag, Koperasi dan UKM Kabupaten Karimun, Muhammad Hasbi mengatakan, jelang Ramadhan 1436 H/ 2014 M, stok sembako untuk Kabupaten Karimun dipastikan  aman. Hanya saja, kenaikan harga akan terjadi apabila permintaan jauh lebih tinggi dari ketersediaan barang.

"Sudah hukum pasar kalau minat pembeli lebih banyak, maka harga semakin tinggi di pasaran. Namun masyarakat jangan khawatir, sebab ketersediaan sembako masih cukup. Begitupun jika ada temuan harga sembako dinaikkan sendiri, akan kita panggil distributornya,'' tegasnya.

Untuk mengantisipasi kenaikan  harga sembako yang tidak merata itu, Pemkab Karimun akan menggelar bazar murah yang dilaksanakan setiap tahunnya. Kehadiran bazar itu, sebagai bentuk kepedulian pemerintah setempat untuk membantu masyarakatnya.

"Diskop, UKM dan Perindag Karimun setiap tahunnya menggelar bazar murah yang biasanya dilaksanakan saat mendekati lebaran. Harga barang yang dijual dalam bazar tersebut, jauh lebih murah dibandingkan harga pasar," ungkapnya.

Editor: Dodo