Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinsosnaker Tanjungpinang 'Sekolahkan' Puluhan Anak Jalanan
Oleh : Habibi
Senin | 02-06-2014 | 14:26 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pukuhan anak jalanan di Tanjungpinang diharapkan bisa melanjutkan pendidikannya. Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang memberikan beasiswa untuk sejumlah anak jalanan sebesar Rp3 juta per tahun.

"Masing-masing (anak jalanan) dapat bantuan sebanyak tiga juta rupiah per tahun untuk keperluan sekolah mereka," kata Surjadi, Kepala Dinsonaker Kota Tanjungpinang, saat dihubungi, Senin (2/5/2014).

Ada sebanyak 70 orang anak jalanan yang terdata di Dinsosnaker. Hanya saja, kata Surjadi, bantuan beasiswa itu bukan untuk semuanya lantaran menolak untuk melanjutkan sekolah. Ke-70 anak jalan yang memperoleh bantuan itu adalah anak yang dibina Dinsosnaker.

Dari 70 orang anak jalanan itu, 86 persen telah mengenyam pendidikan, dan masih belum bersekolah akibat terbiasa dengan kondisi di jalanan.

"Dana itu langsung disalurkan ke rekening si anak. Orang tua dilarang menggunakan dana itu dengan cara apapun, entah meminjam atau gimana, karena terus kita pantau. Mengenai pembiayaan, dana yang dipakai untuk bantuan ini dari hasil dana sharing APBD Kota Tanjungpinang dan juga Provinsi Kepri," ujar mantan Kasatpol PP Tanjungpinang ini.

Surjadi mengakui, dana yang diberikan tidak sebesar hasil yang diperolah di jalanan. Tapi itu merupakan wujud perhatian negara untuk memelihara anak-anak jalanan dan terlantar serta agar mereka termotivasi untuk terus melanjutkan sekolah.

Dia mengatakan, dengan bantuan yang diberikan itu, maka tidak ada alasan lagi bagi anak-anak yang bekerja di jalan dengan alasan untuk mencari biaya sekolah. "Dengan adanya program bantuan itu, otomatis angka anak jalanan yang ada di Kota Tanjungpinang sudah bisa diredam," terangnya. (*)

Editor: Roelan