Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPJS Ketenagakerjaan Berikan Bantuan Peralatan Sekolah untuk Siswa di Bintan
Oleh : Harjo
Rabu | 28-05-2014 | 17:02 WIB
kahazalik_menyerahkan_peralatan_sekolah_dari_BPJS.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan menyerahkan peralatan sekolah bantuan BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang kepada sejumlah siswa Bintan. (Foto: Harjo/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Tanjungpinang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, menyerahkan bantuan peralatan alat sekolah kepada sejumlah siswa PAUD, TK, dan SD, di kantor Camat Serikuala Lobam, Rabu (28/5/2014).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang, Ikeda Hendra, menyampaikan, penyerahan bantuan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bakti sosial yang sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun. Kegiatannya juga bervariasi berupa sunatan masal dan pembagian peralatan sekolah seperti tas dan alat tulis untuk anak sekolah.

"Kegiatan yang diselenggarakan adalah bagian dari laba pendapatan BPJS Ketenagakerjaan. Laba itu dibagikan kembali kapada seluruh masyarakat dalam bentuk beasiswa sebesar Rp2,7 miliar dengan harapan hal tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat dan khususnya masyarakat pekerja," imbuhnya.

Semenetara itu Wakil Bupati Bintan, Khazalik, menyampaikan apresiasinya atas kebijakan pemerintah melalui program BPJS. Apalagi keuntungan BPJS dikembalikan kepada masyarakat, baik berupa bantuan pendidikan dan juga kegiatan sosial lainnya.

"Ini kebijakan yang sangat baik untuk memajukan pendidikan. Mustahil negeri ini bisa maju jika kualitas pendidikan masih rendah. Karena pendidikan sangat penting untuk mencerdaskan anak bangsa sebagai generasi penerus. Tanpa pendidikan, bagaimana generasi muda bisa bersaing dalam pangsa pasar kerja karena tidak mampu? Salah satu contoh, banyak generasi muda yang terpaksa menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Jadi pembantu karena tidak bisa bersaing," katanya.

Dengan adanya perhatian dari BPJS kepada dunia pendidikan, menurut Khazalik, menjadi sebuah dorongan dari BPJS terhadap pendidikan anak-anak walaupun jaminan yang paling penting adalah tekad dari individu anak dan dorongan dari orang tua.

"Bantuan adalah rangsangan untuk mendukung anak-anak agar bisa menjadi generasi muda yang sukses. Namun hal tersebut tidak bisa lepas dari dukungan orang tua serta para tenaga pendidik tidak kalah pentingnya. Karena dalam hidup harus memiliki ilmu pengetahuan sebagai bekal untuk hidup. Makanya, sejak dini anak-anak harus mendapatkan pendidikan untuk bekalnya kelak," harapnya.

Khazalik juga menegaskan, Pemkab Bintan tetap berkomitmen untuk terus memajukan pendidikan di Bintan melalui program beasiswa bantuan alat sekolah dan sekolah gratis untuk mengantarkan Bintan lebih maju di masa yang akan datang. (*)

Editor: Roelan