Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Guru Dilarang Tekan Siswa SD untuk Dapatkan Nilai US Bagus
Oleh : Habibi
Senin | 19-05-2014 | 16:06 WIB
Wawako Tanjungpinang, Syahrul membuka sampul soal di SDN 002 Tanjungpinang Timur.JPG Honda-Batam
Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, saat membuka sampul soal US di SDN 002 Tanjungpinang Timur.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, melarang guru menekan siswa untuk mendapatkan nilai bagus pada ujian sekolah (US) SD. Tekanan itu bisa memicu masalah psikologis bagi siswa.

"Biarkan siswa yang menentukan nasib mereka sendiri. Yang jelas, semua ingin lulus dengan nilai yang memuaskan. Saya tidak khawatir dengan siswa kita karena mereka sangat pintar dan diharapkan bisa berprestasi," kata Syahrul saat meninjau US di SDN 002 Tanjungpinang Timur, Senin (19/5/2014).

Menurut Syahrul, angka kelulusan itu penting. Namun, imbuhnya, yang lebih penting adalah kualitas anak didik. "Karena itu tidak ada target dan menekankan agar guru menargetkan nilai sekian. Kita hanya mengimbau mereka terapkan target. Mengenai nilai, terserah mereka. Yang penting sesuai dengan kemampuan siswa dan tidak perlu muluk-muluk," terang Syahrul.

Syahrul mengatakan, target tersebut pada dasarnya bisa untuk memberikan motivasi untuk anak.

Untuk tahun ini, jumlah siswa SD yang mengikuti US di Tanjungpinang sebanyak 3.271 orang. Dan mereka melakukan ujian layaknya ujian semester, yaitu semua mata pelajaran di ujiankan.

"Kalau dulu hanya tiga mata pelajaran, sekarang semuanya. Jadi, dalam sehari ada dua mata pelajaran yang diujikan setelah tiga mata pelajaran yang diujikan pada hari Senin sampai Rabu," tuturnya. (*)

Editor: Roelan