Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Karimun Targetkan Juara Umum pada Popda V Kepri di Bintan
Oleh : Khoiruddin Nasution
Sabtu | 17-05-2014 | 20:39 WIB
Peserta-Popda-karimun1.jpg Honda-Batam
Bupati Nurdin Basirun menyemangati 135 atlet Karimun sebelum dilepas ke Popda V Kepri di Bintan, di halaman rumah dinas Bupati Karimun, Sabtu (17/5/2014).

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Karimun Nurdin Basirun meyakini bahwa kontingen Kabupaten Karimun tidak mau seri, apalagi kalah, pada setiap cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (Porda) V Provinsi Kepri, yang berlangsung di Kabupaten Bintan pada 18-25 Mei 2014. Sebab, bibit atlit itu sendiri berada di Kabupaten Karimun.

"Saya harapkan atlit yang menjadi utusan ini bisa mengharumkan nama Kabupaten Karimun, dan menjadi juara umum, serta meraih sebanyak-banyaknya penghargaan yang ada dalam pertandingan. Maka dari itu, tetap menjaga kebersamaan dan kekompakan," ujar Nurdin menyemangati 135 atlet Karimun sebelum dilepas ke Popda V Kepri di Bintan, di halaman rumah dinas Bupati Karimun, Sabtu (17/5/2014).

Lebih jauh Bupati mengatakan, bahwa atlit Karimun yang mengikuti setiap cabor yang dipertandingkan, selalu diperhitungan oleh daerah  lain. Selain itu, Karimun juga selalu menerima penghargaan dari setiap event olahraga.

"Anak karimun mampu dan Karimun bisa bertarung di kancah manapun. Bawa pulang prestasi, dan harapan ini jangan dikecawakan. Biar kita kalah mandi keringat dari pada kita kalah mandi darah. Kita tidak ingin generasi muda sebagai generasi penghayal, tetapi jadilah anak-anak yang kuat dan maju. Jangankan kalah, draw aja kita tak mau," ucap Nurdin memacu semangat para atlet.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Karimun, Sudarmadi mengatakan, rincian atlet yang bertanding di sepuluh cabor, diantaranya sepak bola sebanyak 18 orang, atletik 17, sepak takraw 12, tenis lapangan 7, tenis meja 8, bola volly 19, basket 22, renang 6, pencak silat 20, dan bulu tagkis 6 orang. Kemudian ditambah 20 pelatih, serta 10 orang official.

Total atlet yang diberangkatkan dan dipimpin (ketua kontingen), Kabid PAUDNI Disdik Karimun, Riza Kurniati, sebanyak 117 orang, terdiri dari 9 cabor. Sebab, atlit pada cabor sepak bola sudah sudah terlebih dahulu diberangkatkan pada 14 Mei 2014 lalu. Karena pelaksanaan pertandingannya dimulai satu hari setelah berangkatnya atlet cabor tersebut.

Dijelaskan, dari keseluruhan cabor yang dipertandingkan dan menjadi  unggulan yakni sepak bola, sepak takraw, atletik, pencak silat, bulu tangkis dan pencak silat.

"Saya sangat berharap POPDA ke-5 tahun ini atlet yang diutus bisa meraih juara umum, yang sebelumnya menduduki juara II. Dan harapan besar lainnya, dari 10 cabor dipertandigkan, atlit-atlit kita bisa memperoleh 8 sampai 9 penghargaan berupa emas," pinta Sudarmadi.

Lebih jauh diutarakan, dalam rangka persiapan POPDA V ini, sudah dilasanakan seleksi pada 3-5 Maret lalu. Selain itu, telah dilakukan pemusatan pelatihan (TC) bagi atlet yang diberangkatkan.

"Disdik Karimun berupaya untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas, sehingga mampu menggali dan mengembangkan aset maupun potensi yang ada di daerah berazam ini. Salah satu upaya yang dilakukan, melalui pembinaan di bidang olahraga," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Sudarmadi berjanji, bagi atlit yang berprestasi setelah pulang ke kampung halaman akan diberi penghargaan berupa alat pembelajaran sebagai bentuk perangsang.

"Kegiatan ini menggunakan biaya APBD Kabupaten Karimun tahun 2014 di Dinas Pendidikan sebesar 125 juta rupiah," ujarnya mengakhiri.

Editor: Redaksi