Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukung Pelaksanaan MTQ Nasional, Jadwal Ujian Kenaikan Kelas di Batam Dimajukan
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 12-05-2014 | 15:16 WIB
muslim-bidin-baru.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam  memajukan jadwal ujian kenaikan kelas semua sekolah baik SMA/SMP maupun SD di Batam demi mendukung pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran di Batam.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin mengatakan ujian dilaksanakan tanggal 22 Mei hingga 3 Juni mendatang "Awalnya pelaksanaaan ujian itu pertengahan Juni namun ada pelaksanaan MTQ kita memajukannya," ujar Muslim, Senin (12/5/2014).

Dimajukannya jadwal ujian kenaikan kelas ini diharapkan guru dan siswa nantinya dapat berpartisipasi dalam menyukseskan pelaksanaan MTQ Nasional XXV yang digelar di Batam.

"Nantinya para pelajar akan ikut serta memeriahkan pagelaran musabaqah dua tahunan tersebut mulai dari pawai taaruf, sebanyak 2.000 siswa dan 1.000 guru akan dilibatkan untuk menjadi pagar betis di sepanjang rute pawai," ujarnya.

Selain itu para siswa juga berpartisipasi dalam setiap rangkaian kegiatan musabaqah seperti malam pembukaan, penutupan, serta di tiap hari pelaksanaan lomba musabaqah.

"Pada acara pembukaan dan penutupan sebanyak 15.000 pelajar dan 3.000 guru akan hadir sedangkan di tiap lokasi lomba akan dihadiri 250 siswa dan 25 guru," kata Muslim.

Panitia telah menetapkan sembilan lokasi lomba Astaqa utama berada di Dataran Engku Putri Batam Centre untuk lomba tilawah kemudian Gedung Raja Isa Lembaga Adat Melayu (LAM), disiapkan untuk lomba tafsir Al-quran Bahasa Inggris dan fahmil Quran.

Aula Sekolah Harapan Utama untuk lomba hifzil Quran dan tafsir 30 juz Bahasa Arab, aula Politeknik Negeri Batam untuk lomba syarhil Quran, sport hall Sekolah Global Indo-Asia untuk lomba khat Quran atau kaligrafi kategori naskah hiasan serta dekorasi.

Aula lantai 3 Gedung BP Batam akan dijadikan lokasi lomba hifzil Quran 10 juz dan 20 juz Masjid Baiturrahim, dekat Taman Kolam Batam Centre, untuk lomba hifzil Quran 1 dan 5 juz lalu untuk lomba tilawah kategori tartil dan qiraat di aula Siskohat PusatInformasi Haji (PIH) dan Musabaqah Makalah Ilmiah Al-quran (MMQ) digelar di aula Asrama Haji Batam

Terkait hal itu Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Amanatul Wardiah mendukung sepenuhnya karena hal ini terkait kemeriahan Musabaqah Tilawatil Quran

"Siswa kita juga ikut serta dalam penyelenggaraan MTQ kali ini tentu kita mendukung terkait dimajukannya ujian kenaikan kelas karena benturan dengan acara MTQ nanti," pungkasnya.

Editor: Dodo