Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rencana FA untuk Tingkatkan Potensi Pemain Inggris
Oleh : Redaksi
Jum'at | 09-05-2014 | 09:47 WIB
footbaal_association.jpg Honda-Batam
(Foto: Istimewa).

BATAMTODAY.COM - Asosiasi Sepak bola Inggris, FA, mengungkapkan empat rencana utama untuk meningkatkan potensi para pemain Inggris.

Salah satunya adalah pembentukan divisi baru di Liga Inggris untuk mengakomodir Tim B dari klub-klub Liga Primer.

Selain itu pemain yang berasal dari luar kawasan Uni Eropa dilarang main di divisi-divisi di bawah Liga Primer.

FA juga mengusulkan pengurangan pemain asing di tim Liga Primer dan pengembangan yang disebut 'kemitraan peminjaman strategis' antar klub.

Keempat rencana tersebut merupakan hasil kajian Komisi FA untuk mengatasi kurangnya pemain dalam negeri.

Dalam Liga Primer musim 2012-2013, misalnya, hanya 32% pemain Inggris yang masuk dalam tim awal memenuhi syarat bergabung dengan Timnas Inggris, dibandingkan 60% pada sekitar 20 tahun lalu.

Komisi yang dipimpin langsung Ketua FA, Greg Dyke, itu menetapkan sasaran yang mereka sebut 'ambisius dan realistis' untuk meningkatkan jumlah pemain Inggris di Liga Primer menjadi 45% pada 2022.

"Sebaiknya 90 pemain Inggris main dalam lebih dari 50% menit di Liga Primer, dibandingkan dengan 66 saat ini dan seharusnya 30 pemain turun dalam enam tim utama di Liga Primer dibanding 18 saat ini," seperti tertulis dalam laporan Komisi FA.

Rencana yang paling kontroversial adalah menciptakan Liga Tiga yang baru untuk 2016-2016 yang terdiri dari 10 Tim B klub Liga Primer dan 10 dari Conference, yang saat ini berada di bawah Divisi Dua.

Sumber: BBC