Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekolah Swasta Galang Dana Gelar Pelatihan Guru Pendamping Kurikulum 2013
Oleh : Habibi
Kamis | 08-05-2014 | 14:40 WIB
pelatihan_kur_2013_pinang.jpg Honda-Batam
Pelatihan Kurikulum 2013 bagi guru swasta di Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekolah swasta, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), di Tanjungpinang menggalang dana untuk mengadakan Pelatihan Program Pendamping Kurikulum 2013 bagi guru SMK swasta Kota Tanjungpinang. Hal tersebut mengingat pemerintah pusat menggesa bahwa pelaksanaan Kurikulum 2013 harus dilaksanakan semua sekolah pada tahun ajaran baru mendatang.

"Kita sekolah swasta, jadi memang harus jemput bola dan pakai dana sendiri," tutur Kepala SMK Pembangunan, Fizwar Efendy, saat ditemui di sekolahnya, Kamis (8/5/2014).

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal  6 Mei hingga 8 Mei 2014 berlokasi di SMK Pembangunan Tanjungpinang. Lantaran dana terbatas, mereka pun hanya mendatangkan narasumber lokal namun berskala nasional, yaitu Encik Abdul Hajar.

"Pak Encik ini narasumber nasional karena dia juru sosialisasi nasional untuk Kurikulum 2013 ini, makanya kita meminta tolong sama dia," tutur Fizwar.

Fizwar mengatakan, kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama antara SMK Pembangunan, SMK Matreyawira dan SMK Raja Haji Fisabilillah. Dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang yang terdiri dari guru mata pelajaran dan kepala sekolah.

Sementara itu, Encik mengatakan bahwa guru-guru SMK di Tanjungpinang, khususnya sekolah swasta memang sangat antusias sekali menyukseskan Kurikulum 2013 yang memang sudah dimandatkan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk semua stakeholder pendidikan.

"Saya disini memberikan pemahaman kepada mereka dari dasar, karena memang mereka belum tahu banyak tentang sistim Kurikulum 2013. Saya salut mereka dengan dana sendiri, berpatisipasi untuk mensukseskan kurikulum baru ini dan tentunya demi siswa mereka," tutur Encik.

Dari hasil latihan selama 3 hari, Encik mengaku bahwa guru-guru swasta khususnya SMK sudah memahami tentang kurikulum 2013.

Editor: Dodo