Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bentuk Karakter Siswa, SMA Negeri 2 Tanjungpinang Gelar Kemah Kebangsaan
Oleh : Habibi
Sabtu | 26-04-2014 | 16:20 WIB
kemah_kebangsaan.jpg Honda-Batam
Kemah kebangsaan SMA Negeri 2 Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - SMA Negeri 2 Tanjungpinang menggelar kemah bertemakan 'kebangsaan'. Acara ini digelar dari Sabtu-Minggu (26-17/4/2014) di Bumi Perkemahan Wira Pratama Korem 033.

Kepala SMA Negeri 2 Tanjungpinang, Encik Abdul Hajar, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan siswa dan juga mendidik karakter siswa agar lebih disiplin dan lebih baik lagi ke depannya.

"Mengusung tema 'Mari kita wujudkan generasi muda yang berintregitas, disiplin, mandiri dan bertanggung jawab' maka kegiatan ini diharapkan mampu mengajarkan siswa dan melatih siswa untuk disiplin, mandiri dan bertanggung jawab," kata Encik.

"Kegiatan ini diikuti oleh 336 peserta, dan semuanya duduk di kelas sepuluh. Untuk kegiatan ini kita mengerahkan 9 kelas," tambahnya.

Kegiatan kemah wawasan kebangsaan ini kata Encik dilakukan untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 yang memang mengacu kepada karakter siswa.

Kegiatan yang dilakukan Encik merupakan gebrakan baru di Tanjungpinang Menurutnya dengan perkemahan, memang dirasakan banyak manfaatnya. Siswa akan mengerti tentang kemandirian, siswa juga dilatih bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan juga disiplin. Hal ini nantinya yang akan meningkatkan integritas karakter mereka sebagai siswa.

"Pihak sekolah memang sudah lama berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Korem, dan mendapat dukungan yang optimal dari bapak Danrem. Makanya kita kerjasama yang lebih intensif dengan Korem dengan mengadakan kemah wawasan kebangsaan ini dimana yang semua materi baik di dalam tenda maupun di luar tenda selama dua hari ini memang lebih banyak dikelola pihak Korem," tutur salah satu Kepala Sekolah berprestasi tersebut.

Serangkaian kegiatan yang dilakukan adalah materi baris berbaris dari anggota Korem, dilanjutkan materi tentang kepramukaan siang harinya, lalu malam hari materi BKKBN Provinsi mengenai kesehatan remaja dimana akan ada pemutaran film dokumenter edukatif, dilanjutkan dengan materi dari Korem mengenai wawasan kebangsaan dan bela negara serta ditutup dengan kegiatan api unggun, ramah tamah dan atraksi seni dari masing masing kelas.

"Kemudian besok, pukul 06.00 wib dilaksanakan kegiatan outbond, yang juga dipercayakan penuh kepada pihak Korem untuk persiapan dan pelaksanaannya. Kegiatannya pun mendidik tapi cukup menantang, diharapkan siswa akan dapat mengembangkan jiwa patriotisme dan bela negara serta disiplin bagi nantinya. juga kepada guru diharapkan acara ini dapat menambah kekompakan," tutur Encik.

Kegiatan ini sendiri dilakukan tanpa ada memungut biaya sepeserpun dari siswa, melainkan memanfaatkan dana operasional sekolah (BOS).

Editor: Dodo