Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Toyota Kuasai Pasar Global di Kuartal Pertama 2014
Oleh : Redaksi
Kamis | 24-04-2014 | 13:51 WIB

BATAMTODAY.COM - Toyota kembali memimpin pasar global untuk kuartal pertama (Januari sampai Maret) di 2014 dengan mencatat penjualan total 2,58 juta unit. Berarti, produsen mobil terbesar di Jepang ini berhasil mempertahankan posisi teratas itu dalam tiga tahun berturut-turut.

Jumlah penjualan itu sudah termasuk dengan produk-produk dari Hino Motors Ltd dan Daihatsu Motor Co. Sementara di belakang Toyota membayang kompetitor beratnya, Volkswagen AG dan GM yang masing-masing mengklaim menjual 2,4 juta unit. Namun untuk VW belum termasuk penjualan truk MAN dan Scania.

Meski memimpin, tapi pasar Toyota di Amerika Serikat yang menjadi tulang punggung justru turun. Khusus kuartal pertama ini, penjualannya mencapai 520.997 unit, turun 2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Begitu juga dengan GM, meski memimpin di kandang sendiri dengan 580.260 unit, juga turun 2 persen. Sedang VW berada di urutan kedelapan dengan hanya 133.514 unit (turun 7 persen).

Keberhasilan Toyota ini didukung oleh pelemahan yen. Bahkan, perusahaan yang dikomandoi oleh Akio Toyoda diperkirakan akan meraih keuntungan di tahun fiskal sekitar 18,5 miliar dollar Amerika atau setara Rp212 triliun.

Toyota harus bisa bekerja keras untuk tetap mengungguli VW sampai akhir 2014. Pasalnya, pesaingnya dari Jerman itu sedang gencar memperluas  pasarnya di Tiongkok serta memanfaatkan pemulihan di Eropa.

Untuk tahun ini, situs Automotivenews memprediksi penjualan total bisa melampaui angka 10 juta unit. Kalau memang benar, berarti pencapaian itu empat tahun lebih cepat dari target Toyota semula.

Sumber: Mobil.Otomotifnet.com