Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Calon Paskibraka Harus Fasih Berbahasa Inggris
Oleh : Habibi
Sabtu | 19-04-2014 | 20:01 WIB
IMG-20140419-00265(1).jpg Honda-Batam

PKP Developer

Panitia seleksi calon anggota Paskibraka Kota Tanjungpinang sedang menyeleksi sejumlah siswa di SMK Negeri 2. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Panitia Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Tanjungpinang sedang mencari calon Paskibraka untuk memperingati upacara Hari Kemerdekaan RI pada Agustus mendatang. Menurut Surya, pelatih Paskibraka Tanjungpinang, persyaratan untuk jadi paskibraka tidak sulit, hanya saja harus fasih berbahasa Inggris.

Surya yang juga anggota Polres Tanjungpinang tersebut mengatakan, kemampuan bahasa Inggris sangat diperlukan bagi calon Paskibraka. Selain sebagai bahasa Internasional, kemampuan bahasa itu juga menjadi syarat kompetensi seorang calon anggota yang nantinya akan diuji.

"Memang, bahasa Inggris sangat diperlukan karena mereka nanti akan melakukan anjangsana ke luar negeri. Jadi, harus bisa berbahasa Inggris," kata Surya, saat ditemui di SMK Negeri 2 Tanjungpinang, Sabtu (19/4/2014).

Selain fasih berbahasa asing, para calon anggota Paskibraka juga harus pintar. Karena kemampuan akademik juga akan menjadi kompetensi yang akan diuji. Sementara itu syarat awal memang dilihat dari tinggi badan dan paham tentang baris berbaris.

"Kita mencari 30 orang. Sekarang kita memang berkeliling ke sekolah-sekolah untuk memilih bakal calon Paskibraka. Dan kita melihat tinggi badan, untuk wanita 165 cm dan untuk pria minimal 170 cm. Setelah itu nanti di Hotel Bali, 28 April nanti, akan diuji satu per satu kompetensi mereka," jelas Surya. (*)

Editor: Roelan