Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lomba Kelurahan Terbaik se-Tanjungpinang Dimulai
Oleh : Habibi
Selasa | 15-04-2014 | 20:10 WIB
SAMBUTAN_SEKALIGUS_MEMBUKA_OLEH_WAWAKO_TPI_(1).JPG Honda-Batam
Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, membuka lomba kelurahan terbaik. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Wali Kota Tanjungpinang secara resmi membuka kegiatan perlombaan kelurahan terbaik tingkat Kota Tanjungpinang yang diselenggarakan di Rumah Makan Nelayan, Selasa (15/4/2014). Empat kelurahan terbaik per kecamatan bertanding untuk mewakili Tanjungpinang ke ajang yang sama tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Dalam sambutannya, Syahrul mengatakan, kelurahan sebagai ujung tombak pemerintah dalam pelayanan masyarakat, harus senantiasa meningkatkan kinerja, sadar benar akan tugas dan fungsinya sebagai ujung tombak pemerintah Kota Tanjungpinang

"Apabila kinerja dan sumber daya manusia di setiap kelurahan terus ditingkatkan, kelurahan sebagai tempat pelayanan terdepan dalam melayani masyarakat di wilayahnya masing-masing juga akan lebih baik," kata Syahrul melalui rilis yang diterima BATAMTODAY.COM.

Perlombaan kelurahan terbaik ini dilakukan untuk melihat sejauh mana perkembangan dan pencapaian pembangunan yang mencerminkan tingkat kemajuan serta keberhasilan masyarakat di wilayah kelurahan tersebut. Selain itu juga melihat sejauh mana hasil kinerja aparatur kelurahan dan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan warganya dengan membandingkan data tingkat perkembangan kelurahan dalam kurun waktu dua tahun terakhir sesuai dengan indikator penilaian.

"Nantinya, pemenang  perlombaan kelurahan terbaik akan mewakili lomba kelurahan terbaik  tingkat Provinsi Kepulauan Riau bulan Mei mendatang," kata Syahrul.

Dia mengimbau kepada tim penilai perlombaan, hendaknya memberikan penilaian secara baik dan benar, serta profesional.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Penmas, Adnan, mengatakan, peserta lomba kelurahan terbaik tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2014 ini terdiri dari empat kelurahan sebagai pemenang terbaik pertama dari setiap kecamatan, yaitu Kelurahan Penyengat di Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kelurahan Kampung Baru di Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kelurahan Kampung Bulang di Kecamatan Tanjungpinang Timur dan Kelurahan Tanjungunggat di Kecamatan Bukit Bestari.

Adapun teknis perlombaan yakni pemaparan dari masing-masing lurah yang dilaksanakan pada hari ini serta peninjauan lapangan ke empat kelurahan calon pemenang kelurahan terbaik tingkat kota Tanjungpinang, Rabu (16/4/2014) besok.

"Selanjutnya, yang menjadi indikator penilaian kelurahan terbaik yaitu pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga," jelas Adnan. (*)

Editor: Roelan