Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Beladiri Jiu-Jitsu Hadir di Batam
Oleh : Roni Ginting
Senin | 14-04-2014 | 16:12 WIB
jiu_jitsu.jpg Honda-Batam
(Foto: Istimewa).

BATAMTODAY.COM, Batam - Kini hadir di Batam ilmu beladiri Jiu-Jitsu, olah raga yang berasal dari Jepang ini mengedepankan teknik bantingan serta kuncian.

M Nuh, pemegang DAN IV Jiu-Jitsu mengatakan, dalam ilmu beladiri Jiu-Jitsu diajarkan berbagai teknik, diantaranya teknik pengorbanan bawah, kuda-kuda, memukul, menangkis, menendang, melempar, mengunci serta teknik pernafasan dan permainan senjata.

"Di Batam Jiu-Jitsu mungkin masih belum banyak dikenal. Namun ia menegaskan, di Indonesia, perkembangan Jiu-Jitsu sudah sangat dikenal," ujarnya.

Dia menjelaskan, tahun 1980 pernah diadakan seminar beladiri yang diadakan oleh Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) di Jakarta. Hasilnya, Jiu-Jitsu terpilih sebagai salah satu beladiri yang layak untuk dijadikan kurikulum wajib oleh mahasiswa PTIK. Institut Jiu-Jitsu Indonesia (IJI) juga sudah melakukan pendidikan dan latihan di sejumlah satuan kepolisian.

"IJI juga menjadi anggota Federasi Jiu-Jitsu Internasional AJJIF Global (All Japan Jiu-Jitsu Internasional Federation)," terangnya.

Saat ini, IJI Batam menerima resmi menerima siswa baru yang terbuka untuk umum dengan latihan yang dipusatkan di lapangan futsal Batam Pos.

"Untuk pelajar, minimal sudah bersekolah setingkat SMP yang kita terima," kata dia.

Selain M Nuh, latihan di dojo Batam Pos ini juga dibantu oleh beberapa orang asisten pelatih. Bagi yang tertarik datang setiap Rabu jam 19.00 hingga 21.00 WIB. Bisa menghubungi Oji di 081270067144. Untuk kepesertaan, usia masih dibatasi.

Editor: Dodo