Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

UN SMK Hang Tuah Bengkong Molor Satu Jam Lebih Akibat Salah Soal
Oleh : Romi Chandra
Senin | 14-04-2014 | 13:19 WIB
proses ujian di SMA N 8.jpg Honda-Batam
Sejumlah siswa SMA Negeri 8 terlihat mengikuti proses UN.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ujian Nasional (UN) yang berlangsung di SMK Hang Tuah Bengkong sempat molor satu setengah jam untuk satu lokal. Paaalnya, terjadi kesalahan pada isi soal yang diberikan.

Koordinator UN kawasan Bengkong sekaligus Kepala Sekolah SMA N 8 Batam, Dwi Sulistiani, ketika ditemui wartawan mengatakan, terjadi kesalahan pada isi soal yang seharusnya mata pelajaran Bahasa Indonesia, namun isi soalnya adalah Bahasa Inggris.

"Tadi pagi kepala sekolah SMK Hang Tuah memberitahu ke saya selaku koordinator, bahwa ada kesalahan pada isi soal. Seharusnya isi soal adalah Bahasa Indonesia, tapi saat dibuka ternyata soal Bahasa Inggris," kata Dwi di SMA N 8, Senin (14/4/2014).

Akibatnya, proses ujian untuk satu lokal terpaksa diundur satu setengah jam untuk melengkapi soal para siswa. "Di SMK Hang Tuah terjadi kekurang soal karena masalah tersebut. Namun bisa diatasi karena ada kelebihan soal di SMK Widya Batu Ampar," jelas Dwi.

Lebih lanjut Desi menjelaskan, belum ada ditemukan kesalahan lain selain di SMK Hang Tuah untuk wilayah Bengkong. "Kalau ada kesalahan lain, pasti sudah ada laporan ke saya, karena saya koordinatornya di sini," kata Dwi lagi.

Untuk Kecamatan Bengkong, terdapat 10 sekolah yang mengikuti UN. Namun yang menyelenggarakan hanya sembilan sekolah karena satu sekolah, yakni SMK Eben Ezer masih menginduk ke SMK Harmoni.

"Sejauh ini UN yang diselenggarakan di 9 sekolah berjalan kondusif. Pelanggaran juga belum ditemukan karena setiap soal yang diberikan kepada siswa dalam satu ruangan berbeda semua," pungkas Dwi Sulistiani.

Editor: Redaksi