Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebanyak 2.931 Siswa SMA Sederajat di Tanjungpinang Ikuti UN Hari Ini
Oleh : Habibi
Senin | 14-04-2014 | 09:19 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 2.931 siswa SMA/MA/SMK di Tanjungpinang mengikuti ujian nasional (UN) hari ini (Senin, 14/4/2014) dari 14 SMA, 12 SMK, 2 MA dan 1 SMALB. Peserta paling banyak berasal dari SMA/MA/SMALB, 1.621 orang, sementara peserta dari SMK sebanyak 1.310 orang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tanjungpinang, Dadang AG, mengatakan, standar kelulusan UN pada tahun ini masih sama dengan tahun lalu. Siswa dinyatakan lulus jika nilai setiap mata pelajaran yang diujikan pada UN minimal 4,0, dengan nilai rata-rata minimal 5,5.

Menurut Dadang, jika berbicara mutu, nilai rata-rata 5,5 yang dipatok secara nasional itu masih tergolong sedang. Jika tinggi, kata dia, nilai rata-rata yang dipatok adalah 6,0. "Tapi memang itu standar yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," ujarnya.

Menurutnya, dengan nilai rata-rata itu, Dadang yakin tidak akan menyulitkan siswa. "Mudah-mudahan tidak menyulitkan," tambahnya.

Dadang menjelaskan, pada hari pertama ini akan diujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Biologi untuk jurusan IPA, Bahasa Indonesia dan Geografi untuk jurusan IPS. Sedangkan untuk jurusan IPB hanya Bahasa Indonesia saja.

Hari pertama pelaksanaan UN, secara simbolis akan dilakukan pembukaan sampul soal di beberapa lokasi. Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, akan membuka sampul di SMAN 4. Sementara Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, akan membuka sampul di SMKN 1.

Sedangkan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Suparno, akan membuka sampul di SMAN 5, dan Plt Sekdako Tanjungpinang, Syafrial Evi, akan membuka sampul di SMKN 4. (*)

Editor: Roelan