Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Soal UN untuk Batam Tiba, Naskah akan Diinapkan di Kantor Polisi
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 12-04-2014 | 12:49 WIB
Soal UN untuk Batam.jpg Honda-Batam
Naskah soal UN saat tiba di Gedung Gurindam, Sekupang.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan lembar soal Ujian Nasional (UN) tiba di gedung Gurindam, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Sekupang, Sabtu (12/04/2014) Pengiriman naskah soal dan lembar jawaban komputer (LJK) ini dilakukan oleh pihak percetakan dengan pengawalan ketat kepolisian.

Selain itu pengawasan distribusi soal dan LJK ini diawasi oleh  pengawas Disdik, naskah soal dan LJK ini diangkut dengan 3 mobil boks dengan pintu ditempel stiker bertuliskan dokumen negara.

Naskah soal dan LJK tiba di Gedung Gurindam sekitar pukul 11.00 WIB Naskah soal dan LJK itu kemudian diturunkan dan dipilah per wilayah Polsek masing-masing sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Muslim Bidin mengatakan setelah sampai dan dipilih oleh pengawas dan guru dari masing-masing sekolah, naskah soal dan LJK itu didistribusikan ke seluruh Polsek di Kota Batam.

Namun demikian naskah tersebut akan diinapkan di Mapolsek selama dua malam, untuk menjaga indikasi kebocoran naskah maupun LJK. Pada hari Senin (14/4/2014), pihak sekolah baru bisa mengambil naskah di polsek tersebut.

"Penitipan naskah ini tergantung lokasi sekolah, contohnya di daerah Tiban akan dititipkan di Mapolsek Sekupang," ujar Muslim kepada BATAMTODAY.COM.

Lanjut Muslim distribusi ke Mapolsek nantinya menggunakan mobil patroli masing-masing Polsek, tentunya hal tersebut akan dikawal polisi dan juga pengawas Disdik serta guru sekolah.

"Naskah soal dan LJK yang diterima sesuai dengan jumlah ruang UN di masing-masing sekolah. Satu ruang ujian ini akan mendapat 20 paket soal artinya satu ruang kelas ada 20 murid," pungkasnya.

Editor: Dodo