Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan Hari Otda ke XVIII Tahun 2014

Kemendagri Gelar Lomba Karya Tulis Berhadiah Uang Tunai dan Paket Wista ke Raja Ampat
Oleh : Surya
Jum'at | 11-04-2014 | 16:18 WIB
djohan.jpg Honda-Batam
Dirjen Otda Kemendagri Djohermansyah Djohan

BATAMTODAY.COM, Jakarta -  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Otda) untuk kedua kalinya kembali mengelar lomba karya tulis jurnalistik bertema 'Otonomi Daerah  untuk Kesejahteraan Rakyat' dalam rangka Hari Otda ke XVIII Tahun 2014.

Kemendagri pun mengundang wartawan seluruh Indonesia mengikuti lomba karya tulis jurnalistik, yang berhadia uang tunia dan paket wisata liburan ke Raja Ampat itu.

"Juara pertama akan mendapatkan hadiah uang Rp 2 juta, piala, piagam penghargaan dan paket kunjungan wisata ke Raja Ampat Papua. Asyik dong wartawan ke Raja Ampat untuk menghilangkan kepenatan," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Otda Kemendagri, Djohermansyah Djohan di Jakarta, Jum'at (11/4/2014).

Hadiah uang plus paket wisata ke Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat dan wisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur juga diberikan kepada juara kedua dan ketiga. Sedangkan juara favorit pertama sampai empat akan mendapat paket kunjungan wisata ke Malang, Jawa Timur dan juga plus uang tunai.

"Karya tulis yang dinilai juri menyangkut substansi otda dengan segala pernak-perniknya. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 25 April pada puncak peringatan Hari Otda," katanya.

Ketentuan lomba, menurut Djohan, mengambarkan aktifitas masyarakat diseluruh wilayah Indonesia dalam berbagai bidang kehidupan yang berhubungan dengan implementasi otda. Karya tulis yang dinilai juga aktivitas pemerintah dalam mengimplementasikn otda diseluruh wilayah Indonesia.

"Lomba karya tulis ini banyak hal yang bisa direspon, baik oleh rekan-rekan media dengan institusi publik di media," katanya.

Menurut Djohan, lomba ini dilakukan untuk menyambut peringatan Hari Otda XVIII. Karya tulis paling lambat diterima panitia lomba 21 April 2014 mendatang.  Karya tulis minimal 500 kata dan bebas dari plagiarisme. Karya tulis dapat disampaikan melalui email : iktj.otda@gmail.com dengan menyertakan identitas jurnalisnya serta tanggal dan media yang memuat tulisannya.

"Tulisan hasil karya sendiri dan sudah pernah dipublikasian di media massa dalam kurun waktu lima tahun terakhir sampai ditutupnya lomba ini, yaitu tanggal 21 April 2014. Tulisan belum pernah diikutkan dalam lomba sejenis pada tahun sebelumnya," jelas Djohermansyah.

Dirjen Otda Kemendagri menambahkan, wartawan yang bisa mengikuti lomba karya tulis jurnalistik ini adalah wartawan Indonesia yang bekerja di media massa lokal, nasional, kantor berita asing dan wartawan online.  Adapun yang bertindak sebagai juri adalah Siti Zuhro (LIPI), Satrio Arismundar (Praktisi Media) dan Pius Suratman Kartasasmita (Uiversitas Parahyangan).

"Pada tanggal 25 April juga akan diberikan penghargaan terbaik untuk gubernur, wali Kota dan bupati termasuk pemberian hadiah serta paket wisata kepada wartawan pemenang karya tulis," katanya.

Editor: Surya