Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kotak Cerutu Kapten Titanic Terjual Rp350 Juta
Oleh : Magid
Jum'at | 20-05-2011 | 11:18 WIB
_52833723_cigarbox.jpg Honda-Batam

Kotak cerutu yang diklaim milik kapten kapal Titanic, Edward john Smith. Photo by BBC

Liverpool, batamtoday - Kotak cerutu yang diklaim milik mendiang Edward John Smith, seorang kapten kapal Titanic akhirnya terjual seharga 25 ribu Pounsterling atau sekitar Rp350 juta dalam lelang yang diadakan di Kota Liverpool, Inggris.

Kotak cerutu yang terbuat dari kayu kamper tersebut masih terawat dengan baik. Jika digunakan, kotak ini bisa memuat sekita 40 batang rokok cerutu khas Kuba.

Seperti dikutip dari BBC, Jum'at, 20 Mei 2011, kotak cerutu milik kapten kapal Titanic tersebut adalah milik Hilary Mee. Awalnya Ia tidak menyadari jika kotak cerutu yang diwariskan keluarganya adalah milik Jhon Smith Kapten Kapal legendaris yang naas di Atlantik Utara itu. Apalagi kotak cerutu yang sudah berada dikediamanya selama beberapa generasi, bahkan dianggap kayu biasa yang tidak ada harganya.

"Saya hanya curiga, melihat logo perusahaan White Star Line yang dilengkapi dengan ukiran inisai EJS yang mengarah pada nama Edward John Smith," ujar Hilary Mee.

Kecurigaan tersebut mendorong Hilary Mee untuk menemui seorang ahli barang antik. Akhirnya diketahui jika kotak cerutu itu ternyata milik Kapten Kapal Titanic.