Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mellani Sayangkan Masih Banyak yang Tak Hafal Pancasila
Oleh : Surya
Selasa | 08-04-2014 | 11:51 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Wakil Ketua MPR RI Meilani Leimena Suharli terkejut bahwa yang tidak hafal lima sila dari Pancasila itu bukan di daerah Papua saja, melainkan juga ditemukan di ibukota negara Republik Indonesia, yakni Jakarta.

Peristiwa tersebut terjadi ketika dirinya sebagai caleg DPR RI melakukan blusukan ke daerah pemilihannya di Jakarta Selatan.

"Saat itu, saya bertemu dengan para ibu-ibu dan mencobalah apakah mereka hapal dengan Pancasila. Salah seorang angkat tangan dan mengucapkan, satu Ketuhanan Yang Maha Esa, dua, gotong royong. Mendengar itu saya hanya terdiam dan dalam hati berkata di Jakarta saja tak hapal Pancasila, apalagi daerah yang jauh di Papua," kata Meilani dalam acara Dialog Pilar Negara MPR RI di Gedung MPR RI, Senin (7/4/2014).

Melani yang menjadi caleg nomor urut 1 daerah pemilihan DKI Jakarta meliputi, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat itu, menyatakan melihat kondisi masih adanya yang tidak hafal Pancasila tersebut menjadi tantangan semua pihak agar Pancasila bisa dihapal dan diterapkan dalam kehidupan masyarakat.

Melani menyambut positif dimasukkannya Pancasilan sebagai mata pelajaran di sekolah, yang berbeda seperti Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila (P4). Artinya generasi kita yang sekolah akan hafal Pancasila dan  sebagai falsafahnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Diharapkan masuknya Pancasila dalam kurikulum sekolah itu, tidak akan mati karena Pancasila sebagai ideologi yang terbuka dan terdapat lima sila saling terkait. Masuknya Pancasila sebagai mata pelajaran, dapat menumbuhkan kesadaran peserta didik bahwa semua manusia itu sama derajatnya sebagai ciptaan Tuhan, termasuk juga menanamkan rasa cinta terhadap tanah air

Diakui Melani, perjuangan agar Pancasila tersosialisasikan sekarang ini tidak lepas dari upaya Ketua MPR RI (Alm) Taufiq Kiemas. "Semoga saja hasil sekarang ini membuat almarhum gembira di alam kubur," katanya.

Editor: Surya