Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Soal UN Sudah Didistribusikan ke Natuna dan Kepulauan Anambas
Oleh : Habibi
Sabtu | 05-04-2014 | 10:19 WIB
soal-ujian1.jpg Honda-Batam
Soal-soal ujian nasional. (Foto ilustrasi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memprioritaskan distribusi soal ujian nasional (UN) di Kabupaten Natuna dan Kepulauan Anambas. Soal-soal UN itu sudah sampai dan disimpan di tempat yang aman di sana.

"Kita jamin soal yang sudah dikirim itu aman dan sudah sampai di gudang. Selain itu sudah dijaga ketat oleh pihak kepolisian Siantan dan Ranai," ujar Atmadinata, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kepri, saat dihubungi BATAMTODAY.COM, kemarin.

Atmadinata yang juga Ketua Panitia UN Kepri itu mengatakan, pendistribusian soal UN ke dua daerah itu didahulukan karena jarak yang jauh serta jadwal kapal yang tidak menentu, sehingga dikirim secepat mungkin.

Prioritas kedua adalah Tambelan, di Kabupaten Bintan. Soal UN akan dikirimkan ke Tambelan pada 7 April, sesuai jadwal kapal. Sementara daerah Bintan lainnya menyusul bersamaan dengan Tanjungpinang dan Batam, yakni tanggal 12 April. Sedangkan untuk Kabupaten Karimun dan Lingga akan dikirim pada 11 Appril mendatang.

Atmadinata mengatakan, saat ini soal-soal yang belum terkirim sudah disimpan di gudang yang terletak di Jalan Raja Haji Fisabillah Tanjungpinang dan dijaga ketat oleh pihak kepolisian.

"Gudang kita juga sudah dikunjungi oleh Inspektorat Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dinilai sudah layak. Termasuk mengenai tempatnya, juga pengamanannya," kata Atmadinta.

Terkait kebocoran soal, Atmadinata mengaku hal itu hanya isu belaka. Dia mengatakan, dengan penjagaan yang ketat dan dikontrol oleh Dinas Pendidikan, tidak akan ada soal yang bocor. Apalagi, katanya, ada 20 paket soal yang berbeda di setiap ruang ujian nantinya. (*)

Editor: Roelan