Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nilai Try Out Jeblok, Kadisdik Batam Akui Akibat Kesalahan Sistem Penerimaan Siswa
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 02-04-2014 | 17:07 WIB
muslim-bidin-baru.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Muslim Bidin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Nilai Try Out 2014 baik tingkat SMA/SMK dan SMP/MTS mengalami penurunan drastis alias jeblok. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Muslim Bidin mengakui jebloknya hasil ini akibat kesalahan sistim penerimaan siswa.

"Ya memang itu salah Disdik saat penerimaan siswa baru, 3 tahun yang lalu kita terlalu toleransi dalam penerimaan siswa," ujar Muslim Bidin saat dihubungi wartawan, Rabu (2/4/2014).

Tidak selektif saat penerimaan siswa baru itu membuat satu ruang sekolah bisa menampung melebihi kapasitas, sehingga siswa juga tidak konsen dalam belajar.

"Seharusnya dalam satu kelas itu 34 siswa tetapi yang kita temui baik SMA maupun SMP sekarang 1 kelas mencapai 50 siswa," kata Muslim.

Muslim menambahkan nilai try out  jeblok yang dialami siswa Batam ini jangan serta merta guru dan sekolah maupun Disdik yang disalahkan, namun seharusnya orang tua juga berperan dalam hal ini.

"Kita sama-sama mengetahui pergaulan siswa di luar jam sekolah itu sudah tidak benar, jadi jangan serta merta intansi terkait menyalahkan Disdik," pungkasnya

Editor: Dodo