Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Libur Tiga Hari, Arus Penumpang di Pelabuhan Sekupang Batam Naik 20 Persen
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 01-04-2014 | 14:35 WIB
IMG-20140401-01438.jpg Honda-Batam
Arus penumpang di pelabuhan domestik Sekupang, Batam, hari ini sudah kembali normal setelah sebelumnya melonjak sampai 20 persen. (Foto: Irwan Hirzal/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Arus penumpang di pelabuhan domestik Sekupang, Batam, naik 20 persen selama libur tiga hari. Hari libur itu dimanfaatkan warga untuk pulang ke kampung halamannya.

"Keseluruhan dari Sabtu sampai Senin jumlah penumpang rata-rata naik 20 persen dibanding hari biasanya," ujar Yovan Siahaan, Kepala Syadandar Pelabuhan Sekupang, Batam, Selasa (1/4/2014).

Kenaikan yang signifikan, kata Yovan, adalah arus penumpang dengan tujuan Tanjungbatu dan Selat Panjang. Karena melonjaknya arus penumpang selama liburan tersebut, armada kapala penumpang mendapat tambahan tiga unit lagi untuk tujuan tersebut.

"Syabandar terpaksa menambah tiga kapal lagi karena banyaknya penumpang yang hendak ke Tanjungbatu dan Selat Panjang," katanya.

Puncak peningkatan arus penumpang terjadi pada hari Minggu yang meningkat sekitar 15 persen, sementara pada hari Senin hanya 5 persen. "Puncaknya pada hari Minggu sementara Senin hanya naik 5 persen dan tidak ada penambahan kapal," terang Yovan.

Sementara itu, pada hari ini, arus penumpang sudah kembali normal. "Untuk hari ini kembali penumpang kembali normal. Jumlah penumpang pada satu kapal hanya setengah dari kapasitas kapal," ujarnya. (*)

Editor: Roelan