Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

3.729 Siswa SLTA di Batam Tak Lulus Try Out UN
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 19-03-2014 | 12:37 WIB
ndi Agung Disdik Batam.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Andi Agung, Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Batam. (Foto: Irwan Hirzal/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Angka ketidaklulusan jenjang SLTA di Kota Batam mencapai 40 persen dalam uji coba (try out) yang digelar pada akhir Januari lalu. Dari 38 sekolah yang melaksanakan try out, sebanyak 3.729 siswa dinyatakan "tidak lulus".

"Hasil try out tahun ini memang tidak memuaskan. Ada 40 persen siswa SLTA yang tidak lulus. Ini juga tidak terlepas dari bobot soal yang dibuat oleh MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Kota Batam," kata Andi Agung, Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Batam, kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (19/3/2014).

Menurut Andi, soal try out jauh lebih sulit dibanding soal UN. Hal ini untuk melatih ketangkasan siswa agar tidak mengalami kesulitan ketika mengikuti UN yang yang sesungguhnya.

Dengan soal soal yang lebih sulit dari soal UN, Dinas Pendidikan bisa tahu mata pelajaran mana yang harus dibenahi. "Kalau nilainya bagus semua, kami malah kebingungan menentukan kekurangan dan pembenahan," ujarnya.

Meski demikian, Andi mengakui, rata-rata siswa peserta UN itu kesulitan dengan mata pelajaran matematika. Karena itu, Dinas Pendidikan akan meminta sekolah untuk menekankan penguatan pada mata pelajaran tersebut.

"Ujian-ujian menjelang UN ini sangat penting dilakukan agar guru bisa melihat di mana kelemahan siswanya menjelang pelaksanaan ujian nasional," ujarnya. (*)

Editor: Roelan