Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Keamanan, Butuh Pemasangan CCTv Tambahan untuk Kantor DPRD
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 14-03-2014 | 11:45 WIB
dprd_batam.jpg Honda-Batam
Kantor DPRD Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pasca-pembobolan mobil pembantu Bendahara Kecamatan Seibeduk di lokasi parkir Kantor DPRD Batam, Kamis (13/3/2014), Sekretaris DPRD Marzuki mengatakan butuh 5 sampai 6 titik pemasangan CCTv untuk meningkatkan keamanan.

"Banyak manfaat dari adanya CCTv ini, karena dapat membantu memberikan informasi seperti yang pembobolan yang terjadi kemarin," ungkap Marzuki kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (14/3/2014).

Perlunya pemasangan CCTv ini kata Marzuki, karena dalam sehari petugas Satpol PP yang berjaga di luar gedung DPRD Batam hanya 9 orang dengan tiga kali shift. Untuk satu shift hanya berjumlah tiga orang.

"Keamanan di luar kan tugas Satpol PP dan di dalam gedung adalah Pamdal. Saat ini tugas pengawasan juga telah dibantu CCTv di beberapa tempat dan untuk memonitornya, ada di ruangan Sekwan dan ketua DPRD," jelas Marzuki.

Selain itu kata Marzuki, keamanan kendaraan tentu tidak sepenuhnya berada pada petugas. Tapi juga tergantung dari perorangan agar waspada. "Untuk pemasangan CCTv kan diwajibkan di kantor pemerintahan karena ada Perdanya. CCTv yang ada sekarang ini sudah terpasang sejak tahun 2008," jelas Marzuki.

Seperti diketahui, uang sebanyak Rp431 juta di dalam mobil Suzuki Swift hitam bernomor polisi BP 1212 YS milik pembantu bendahara Kecamatan Sei Beduk raib digondol garong, Kamis (13/3/2014).

Uang yang diletakkan di dalam sebuah kantong berwarna hitam di bawah jok samping sopir tersebut dicuri dengan memecahkan kaca samping depan sebelah kiri mobil. Kondisi kaca mobil juga gelap dan tidak kelihatan dari luar.

Kejadian diketahui Paizal, pemilik mobil pada pukul 12.00 WIB setelah ditinggal setengah jam untuk datang ke kantor BKD di Gedung Wali Kota Batam. Menurut Paizal, uang ini diambil pada pukul 11.00 WIB di Bank Riau Kepri, kawasan Sei Panas. Setelah diambil, ia lanjut menuju kantor wali kota dengan memarkirkan kobil di lokasi parkiran DPRD.

Editor: Dodo