Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Champions Eropa

Barcelona Lolos Usai Bungkam Manchester City
Oleh : Redaksi
Kamis | 13-03-2014 | 10:42 WIB

BATAMTODAY.COM - Barcelona FC menundukkan Manchester City dengan skor 2-1 pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou (13/2/2014) dini hari WIB. Barca lolos ke perempat-final dengan agregat 4-1.

Gol dari tim tuan rumah dicetak oleh Lionel Messi dan Dani Alves. Sementara tim tamu hanya berhasil menyumbang gol melalui Vincent Kompany.

Pertandingan dimulai dengan tempo cepat dan intensitas serangan yang tinggi. Kedua tim saling terlibat jual beli serangan. City sangat ingin mencetak gol demi bertahan di kompetisi ini. Sementara Barcelona tak ingin malu di depan pendukungnya sendiri.

Barca hampir saja mencetak gol terlebih dulu melalui Messi. Tapi City juga tak mau kalah, sontekan James Milner ternyata hanya melambung di atas gawang Victor Valdes. Barca sebenarnya bisa unggul terlebih dahulu apabila wasit tidak menganulir gol karena dianggap offiside. 

Menjelang 20 menit akhir, pertandingan semakin seru karena kedua tim semakin meningkatkan serangan. Barca yang berulangkali melakukan penetrasi tampak kesulitan mencari peluang terbaik. Mereka sempat membuka peluang melalui Neymar tapi masih tak ada gol.

Tim tamu yang mengalami kebuntuan lebih banyak mencoba tendangan dari jarak jauh. Tercatat ada David Silva dan Samir Nasri yang berupaya menjebol gawang lawannya. Sampai turun minum skor masih imbang tanpa gol.

Mengetahui Sergio Aguero mengalami cedera hamstring, City langsung menggantinya dengan Edin Dzeko di awal babak kedua. Dan benar saja baru beberapa menit masuk ke lapangan pemain asal Bosnia ini mengancam gawang Barca, namun tendangan kerasnya masih bisa diselamatkan Valdes.

Tuan rumah tak mau kalah. Messi lagi-lagi hampir menjebol gawang Joe Hart apabila tidak membentur tiang gawang. Dzeko juga kembali mendapat peluang namun masih juga gagal. Serangan dari kedua tim semakin terlhat meningkat.

Messi akhirnya menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak gol di pertandingan ini. Gol pemain asal Argentina ini di menit ke-67 membuat timnya selangkah lagi menyingkirkan City dari kompetisi Eropa.

Perjuangan City mengejar ketinggalan semakin berat setelah Pablo Zabaleta diusir wasit. Pemain asal Argentina ini mendapat kartu kuning kedua setelah protes berlebihan kepada wasit. Praktis sejak menit ke-79 City bermain dengan 10 pemain.

City akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui Kompany di menit ke-88. Seketika skor berubah imbang 1-1. Namun tak butuh waktu lama bagi Barca untuk membalikkan keadaan. Alves menjadi aktor kemenangan timnya melalui gol yang dicetak di masa injury time.

Sampai wasit meniupkan peluit tanda pertandingan usai skor tetap 2-1 buat keunggulan Barca. Langkah City mengarungi kompetisi Liga Champions harus terhenti sampai babak 16 besar.

Sumber: Bola.net